Senin, 18 Oktober 2021

Ekowisata Tambaksari Jadi Wakil Cilacap di Ajang Festival Desa Wisata Jawa Tengah

Desa Tambaksari Kecamatan Wanareja, dipilih sebagai perwakilan Kabupaten Cilacap dalam Festival Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah tahun 2021. (Irfan)

Ekowisata Tambaksari yang terletak di Desa Tambaksari Kecamatan Wanareja, dipilih sebagai perwakilan Kabupaten Cilacap dalam Festival Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah tahun 2021. Kegiatan tersebut juga merupakan ajang promosi wisata unggulan dari setiap Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Tri Komara Sindi mengatakan, kegiatan Festival Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah tahun ini masih digelar secara daring. Sedangkan yang mewakili Cilacap dalam ajang ini adalah Ekowisata Tambaksari Wanareja.

“Kami pilih Ekowisata Tambaksari karena pengelolaan desa wisatanya sudah baik. Serta sudah terkonsep secara matang, artinya sudah profesional lah,” katanya kepada serayunews.com, Selasa (5/10/2021).

Selain itu, lanjutnya, di Ekowisata Tambaksari juga terdapat berbagai wahana wisata alam yang dapat menjadi pilihan para pengunjung. Misalnya camping ground dengan pemandangan indahnya, lalu taman wisata hutan pinus Cibinuang, serta situs sejarah Balebandung yang dapat menjadi sanaran edukasi bagi generasi muda. Bahkan terdapat pula embung penampung air bernama Hantap Pura.

“Di sini (Ekowisata Tambaksari, red) juga sudah dilengkapi fasilitas penginapan. Bisa dibilang sudah komplet fasilitasnya. Ekowisata Tambaksari juga bisa disebut desa wisata terbaik yang dimiliki Cilacap,” ujarnya.

Dengan begitu, kata Tri Komara, ekowisata yang terletak di Kecamatan Wanareja ini sudah memenuhi kriteria untuk menjadi destinasi wisata unggulan Cilacap. Serta dinilai mampu bersaing dengan sejumlah desa wisata unggulan yang dimiliki oleh kebupaten lain.

“Sangat cocok sebagai pilihan tempat rekreasi bagi warga Cilacap dan sekitarnya. Selain itu, dapat membantu geliat ekonomi kreatif di sekitarnya, misalnya sentra pembuatan sapu ijuk yang ada di sana,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini