Senin, 5 Desember 2022

Pemilu 2024, Politik Uang Masih jadi Fokus Pengawasan Bawaslu Purbalingga

Acara konsolidasi oleh Bawaslu Kabupaten Purbalingga, bersama Panwascam se Kabupaten, Kamis (17/11/2022). (Foto: Amin Wahyudi)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga, mengadakan konsolidasi pengawasan tahapan pemilu. Dalam rapat tersebut, pembahasan soal pengawasan difokuskan pada potensi politik uang.


Purbalingga, serayunews.com

Politik uang, masih menjadi potensi pelanggaran yang terjadi pada setiap pemilu. Termasuk pada pemilu serentak yang akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang. Maka dari itu, pelanggaran politik uang, masih menjadi perhatian khusus bagi Bawaslu Purbalingga.

Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Imam Nurhakim mengatakan, politik uang menjadi fokus perhatian yang perlu diwaspadai. Fenomena itu, hampir selalu muncul pada masa pelaksanaan pemilu.

“Kami akan mengutamakan pencegahan dari pada penindakan. Karena itu pengawasan akan lebih diperketat,” katanya usai acara konsolidasi dengan anggota Panwascam dan Sekretariat Panwascam di salah satu rumah makan, Kamis (17/11/2022).

Maka dari iri, mulai saat ini, pihaknya akan memperkuat konsolidasi dengan jajaran Panwascam dalam upaya pencegahan politik uang tersebut. Konsolidasi juga untuk memperkuat pengawasan setiap pelaksanaan pemilu pada potensi pelanggaran lainnya.

“Panwascam posisinya penting dalam mengawal pemilu,” ujarnya.

Rapat konsolidasi, dihadiri oleh seluruh anggota panwascam dari 18 kecamatan. Selain itu, juga diikuti oleh anggota sekretariat panwascam.

Berita Terpopuler

Berita Terkini