Jumat, 12 Agustus 2022

Empat Wisatawan Terseret Gelombang di Pantai Kertojayan Purworejo, Tiga Selamat dan Satu Hilang

Tim SAR Gabungan saat melakukan pencarian korban tenggelam di Pantai Kertojayan Purworejo (Dok Basarnas Cilacap).

Empat orang wisatawan asal Grabag Purworejo terseret gelombang air laut. Mereka sedang mandi di Pantai Kertojayan, Purworejo, Senin (1/8/2022). Dalam peristiwa itu, tiga orang selamat dan satu hilang tenggelam.


Purworejo, serayunews.com

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap Adah Sudarsa mengatakan, korban tenggelam pada Senin sore sekira pukul 15.30 WIB. Kemudian pihaknya menerjunkan satu regu ke lokasi kejadian untuk menggelar operasi SAR.

Baca juga  Mengenaskan! Nenek di Nusawungu Tewas Terpanggang, Begini Kronologinya

“Korban tenggelam bernama Soleh Sumedi (20) laki-laki, pekerjaan petani warga Desa Ukirsari RT01 RW01 Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo,” ujar Kepala KPP Cilacap Adah Sudarsa, Selasa (2/8/2022).

Pada pencarian di hari kedua ini, tim melakukan penyisiran sepanjang pinggiran pantai. Dari lokasi kejadian ke arah barat dan timur sejauh satu kilometer.

“Pencarian di permukaan air, akan kita lihat kondisi gelombang laut apabila memungkinkan akan kita sisir menggunakan perahu karet,” ujarnya

Sebelumnya, kejadian bermula saat korban dan keempat rekannya sepulang dari Tegal berangkat ke Pantai Kertojayan. Kemudian mandi di laut, namun satu orang rekannya tidak ikut mandi di laut.

Baca juga  Ditinggal Nonton TV di Tempat Tetangga, Rumah Warga Bantarsari Terbakar Hebat

“Tiba-tiba ada ombak besar datang dan menghantam korban dan ketiga temannya. Korban terseret ombak tersebut dan tenggelam. Sedangkan ketiga temannya bisa menyelamatkan diri. Temannya tidak berani menolong karena ombak yang besar, kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Perangkat Desa Kertojayan,” ujarnya.

Dalam pencarian melibatkan unsur SAR Gabungan di antaranya Basarnas Kantor SAR Cilacap, Unit Siaga SAR Congot. Kemudian, Polsek Grabag, Koramil Grabag, SAR Sigab, SAR Dewaruci, Rapi, Granat, dan nelayan sekitar di bantu keluarga korban.

Berita Terkait

Berita Terkini