Selasa, 24 Mei 2022

Ganjar Pranowo Marah, Alat Pendeteksi Dini di Gunung Sumbing Digondol Maling

Tangkapan layar unggahan di Instagram Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dibuat marah dan kesal atas ulah oknum tak bertanggung jawab. Alat pemantau kegempaan dan aktivitas Gunung Sumbing di kawasan Cedokan Temanggung, hilang digondol maling. Ungkapan kekesalan Ganjar Pranowo itu, disampaikannya lewat unggahan di Instagram pribadinya @ganjar_pranowo, kemarin (18/1/2022).


serayunews.com

Dalam video pendek yang diunggah Ganjar, terekam seorang petugas yang mendapati alat pendukung di Stasiun Seismik Cedokan di Desa Legoksari, Pos 1 Cedokan jalur pendakian Gunung Api Sumbing, hilang digasak pencuri.

Baca juga  Ganjar Harap Kebangkitan Nasional Jadi Momentum Kebangkitan Setelah Pandemi

Akibatnya, untuk sementara stasiun tersebut tidak beroperasi tanpa dukungan alat tersebut. Seperti diketahui, alat tersebut dipasang untuk mendeteksi aktivitas aktivitas Gunung Sumbing. Jika alat tersebut mati atau hilang, maka otomatis aktivitas kegunungapiannya tidak bisa terekam dan terkirim ke pos pengamatan.

“Jangan karena mencari keuntungan pribadi, keselamatan masyarakat kita korbankan,” tulis Ganjar dalam unggahannya.

Dia berharap, kejadian serupa tidak terjadi lagi di kawasan lain. Sebab, alat tersebut sangat penting untuk memberikan peringatan ketika akan terjadi bencana, seperti tsunami, gempa bumi, longsor dan banjir. Alat ini memiliki sensor dan alarm sebagai tanda akan terjadi bencana.

Baca juga  Hari Buruh, Ganjar Beri Sembako

Salah satu titik bencana yang paling berbahaya adalah gunung berapi aktif. Early Warning Sistem, berfungsi untuk memantau pergerakan yang terjadi pada gunung berapi. Dahulu, warga yang tinggal di sekitar lereng gunung hanya mengandalkan juru kunci untuk memantau aktifitas gunung dan juga menganalisa sifat-sifat hewan untuk mencari tahu apakah aktivitas gunung tersebut sedang meningkat atau tidak.

“Jangan sampai pencurian early warning system seperti ini terulang,” tulis Ganjar.

Unggahan itu viral di media sosial, lebih dari 2.200 warganet ikut menuangkan kemarahannya dalam kolom komentar. Sebagian besar ikut menyayangkan tindakan tak bertanggung jawab tersebut.

Baca juga  Wings Air Jajaki Penerbangan Wisata, Kargo dan Umrah melalui Bandara Soedirman Purbalingga

“Egois bangat yang nyuri nggak memikirkan keselamatan orang banyak,” tulis @eningastuti_

“Bisa jadi orang dalem, biar ada pengadaan lagi,” tulis @robert_ell_umam.

Berita Terkait

Berita Terkini