Senin, 21 Juni 2021

Garuda Bisa Hajar Vietnam, Ini Alasannya

Syahrian Abimanyu, jadi andalan Timnas Indonesia di lini tengah. sumber foto: website PSSI

Timnas Indonesia atau yang sering disebut Garuda, akan melawan Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2022. Laga akan dilaksanakan pada Senin (7/6/2021) mulai pukul 23.45 WIB. Pertandingan tersebut rencananya akan disiarkan stasiun televisi SCTV.


Dubai, Serayunews.com

Bagi Indonesia pertandingan melawan Vietnam sudah tidak memiliki arti apa-apa. Sebab, Indonesia sudah dipastikan jadi juru kunci grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Namun, justru karena tidak memiliki beban apa-apa, Indonesia bisa menunjukkan kelasnya. Apalagi, performa Indonesia di laga terakhir melawan Thailand cukup menjanjikan.

Sementara, Vietnam kini ada di puncak klasemen sementara grup G dengan 11 poin dari lima laga. Vietnam pun berkesempatan lolos ke fase selanjutnya jika mereka mampu menjadi juara grup di klasemen akhir.

Namun, jarak klasemen yang jauh bukan menjadi ukuran Vietnam  bisa membungkam Garuda. Ada beberapa hal yang membuat Garuda masih memiliki kesempatan.

Pertama, Indonesia bisa bermain lepas dan tanpa beban. Sebab, laga ini sudah tidak berpengaruh bagi Indonesia. Bermain lepas tanpa beban bisa membuat Indonesia mampu mengalahkan Vietnam.

Kedua, Indonesia memiliki modal bagus sebelum laga melawan Vietnam. Modal itu adalah hasil seri melawan Thailand. Bahkan, dalam laga itu Indonesia menunjukkan semangat pantang menyerah. Dua kali tertinggal, dua kali pula Indonesia mampu menyamakan kedudukan.

Ketiga, Indonesia kini sudah berbeda dengan sebelumnya. Setidaknya ada perbedaan di level pelatih. Indonesia kini dilatih oleh Shin Tae-yong yang menerapkan disiplin tinggi. Selain itu, skuat Indonesia saat ini adalah skuat muda yang memiliki daya juang tinggi.

Saat melawan Thailand, praktis hanya Evan Dimas yang merupakan pemain berpengalaman. Selebihnya adalah para pemain muda yang tak kenal menyerah.

Keempat, sekalipun Vietnam memuncaki klasemen sementara, produktivitas gol mereka tak istimewa. Vietnam hanya mampu membuat lima gol dalam lima pertandingan. Jumlah itu sama dengan yang ditorehkan Indonesia. Artinya, secara produktivitas, Vietnam tak terlalu membahayakan. Bahkan, produktivitas Vietnam lebih buruk daripada Thailand yang tempo hari kita tahan.

Kelima, Indonesia menjadi satu-satunya tim yang mampu menjebol gawang Vietnam di kualifikasi sampai sejauh ini. Dari lima laga yang sudah dilakoni, Vietnam hanya kebobolan sekali. Satu gol itu diderita saat melawan Indonesia. Vietnam menang 3-1 dan satu gol Indonesia dibuat Irfan Bachdim.

Memang selama ini, atau akhir-akhir ini, Vietnam lebih bagus dari Indonesia. Bahkan, Vietnam adalah Raja Asia Tenggara karena mampu menjadi juara AFF 2018 dan menyabet medali emas Sea Games 2019. Saat dapat medali emas Sea Games 2018, Vietnam mengalahkan Indonesia di final. Tapi sekali lagi, Indonesia sudah berubah. Sudah saatnya Indonesia menghajar Vietnam.

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini