Minggu, 28 November 2021

Gayung Bersambut, Briton English Education Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Purbalingga

Pemkab Purbalingga berencana bekerjasama dengan Briton English Education, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). (Amin)
Gayung bersambut antara Pemkab Purbalingga dengan Briton English Education. Pemkab Purbalingga sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kedua pihak telah melakukan pertemuan, di Ruang Kerja Bupati, Jumat (26/11/2021).

Purbalingga, serayunews.com 

Pemkab Purbalingga Berencana Jajaki Kerjasama dengan Briton English Education. Briton English Education Cambridge Assesment English merupakan bagian dari University of Cambridge, yang membantu dalam peningkatan kompetensi Bahasa Inggris untuk guru maupun siswa.

“Ya kita sambut baik hal ini, apalagi kita kan sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Purbalingga, kita apresiasi tawaran ini,” kata Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, usai pertemuan, Jumat pagi.

Tiwi menjelaskan, Pemkab Purbalingga terus berupaya meningkatkan SDM, termasuk dari segi pendidikannya. Rencana program yang akan dikerjasamakan ada International Class atau International School.

“Nantinya akan dipilih beberapa sekolah untuk menjadi pilot project yang mana guru dan siswanya ini bisa mengikuti program yang disiapkan,” kata dia.

Tiwi menambahkan, program lain ada Desa Wisata dan Bahasa Serang. Serang dipilih karena lingkungannya sudah mendukung untuk pembelajaran di luar ruangan dengan nuansa alam yang menyenangkan. Desa Serang juga sudah menjadi desa wisata, baik tata kelola wisata, kemudian anggaran, bahkan pengunjungnya sudah tidak diragukan lagi.

“Tinggal bagaimana nantinya meningkatkan kualitas SDM yang ada di Desa Serang. Nantinya Pemkab Purbalingga bisa bekerjasama dengan dinas pendidikan di kabupaten/kota lainnya untuk bisa mengikuti English Camp yang akan menjadi programnya,” katanya.

Desa Serang nantinya tidak hanya menjual wisatanya saja tetapi juga edukasinya atau Edu Tourism. Ditambah lagi program yang serupa membangun SDM untuk pariwisata atau tour guide. Pemkab Purbalingga memberikan fasilitasi pelatihan dan sertifikasi untuk tour guide.

“Target kita ke depan wisata di Purbalingga tidak hanya untuk wisatawan lokal saja tetapi juga untuk wisatawan mancanegara. Sehingga perlu adanya kompetensi bahasa inggris untuk para tourguide,” ujarnya.

Pimpinan Briton English Education, Sirajuddin Tenri, menyampaikan International class bisa dilakukan untuk jenjang SMP. Tinggal dipetakan sekolah mana yang siap untuk melakukan international class. Bisa jadi sekolah yang dulunya pernah menjadi Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) bisa diikutkan program tersebut terkait dengan sasarannya mungkin sudah siap.

Tidak hanya guru-gurunya yang disiapkan untuk berkompetensi dalam berbahasa inggris, dari international class ini siswa juga bisa terlibat. Tidak hanya, itu siswa yang mengikuti international class ini bisa memudahkan mereka terutama yang ingin kuliah di luar negeri atau memperdalam kemampuan bahasa inggrisnya.

Kerjasama dengan Pemkab Purbalingga dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi Bahasa Inggris bagi guru dan siswa. Purbalingga dinilai merupakan kabupaten yang potensial untuk berkembang baik dengan dukungan SDM yang mumpuni.

“Kami tidak menutup kemungkinan untuk membuka peluang pengembangan kompetensi Bahasa Inggris untuk bidang lain atau bahkan ASN di Pemkab Purbalingga untuk meningkatkan kualitas SDM-nya,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini