Sabtu, 29 Januari 2022

GM Kilang Pertamina Cilacap Ajak Masyarakat Bersikap Setara Terhadap Penderita HIV/AIDS

General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Eko Sunarno mengajak semua pihak tetap menghargai para penderita dan memperlakukan setara. Ini penting untuk meningkatkan semangat hidup para penderita agar tetap berkontribusi positif. Hal itu ditegaskan Eko dalam Seminar Pencegahan & Penanggulangan HIV/AIDS di Tempat Kerja, di gedung Patra Graha, Cilacap, Selasa (28/12/2021).


Cilacap, Serayunews.com
Dijelaskan Eko dengan perlakuan setara terhadap penderita HIV/AIDS, mereka justru akan bersikap terbuka untuk berbagi informasi upaya penanggulangan penyakit tersebut. “Dengan demikian antara penderita dan masyarakat bisa saling hidup berdampingan, harmonis dan semua bisa berkontribusi untuk keluarga dan masyarakat,” katanya.
Di sisi lain, masih kata Eko tingginya kasus HIV/AIDS di Provinsi Jawa Tengah menjadi perhatian serius Pertamina untuk terlibat dalam penanggulangannya. “Inilah yang melatarbelakangi kegiatan seminar hari ini, agar kembali muncul kesadaran bersama untuk pengendalian penularan HIV/AIDS,” ujarnya.
Senada Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati, Syamsul Auliya Rahman menyambut baik inisiatif PT KPI RU IV Cilacap dalam penyelenggarakan seminar ini. “Melalui kesempatan ini kami mengajak segenap pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat semakin memperkuat komitmen dan dukungan serta bergerak, bekerjasama dan bersinergi dalam memerangi penyebaran HIV/AIDS khususnya di Kabupaten Cilacap,” ungkapnya.
Ditambahkan Wabup dengan realita Kabupaten Cilacap yang saat ini masuk tiga besar peringkat tertinggi HIV/AID di Jawa Tengah menjadi introspeksi bersama untuk semakin ketat melakukan pencegahan. “Diantaranya dengan menghindari dua hal, yaitu pergaulan bebas dan konsumsi narkoba. Dengan menjauhi dua hal itu insya Allah kita bisa menekan penyebaran HIV/AIDS serendah-rendahnya,” katanya.
Seminar menghadirkan pembicara utama, Muhammad Yusuf selaku Fasilitator Nasional HIV/AIDS dan dua orang penderita HIV/AIDS yang tetap bisa hidup normal. Diikuti para pejabat Forkopimda, dinas terkait, jajaran manajemen PT KPI RU IV Cilacap, perwakilan pekerja dan pengurus organisasi Persatuan Wanita Patra (PWP) tingkat wilayah Cilacap.
Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Tempat Kerja oleh GM PT KPI RU IV Cilacap, jajaran Forkopimda dan dinas terkait.

Berita Terkait

Berita Terkini