Senin, 4 Juli 2022

Hadapi Arus Lebaran, Pertamina Cilacap Siap Hadapi Peningkatan Permintaan BBM

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, memastikan kesiapan menghadapi peningkatan permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di masa arus mudik & balik Lebaran 2022. Hal itu disampaikan Pjs. General Manager PT KPI Unit Cilacap, Arief Budiyanto, saat menerima kunjungan kerja Badan Pengatur Hulu Minyak & Gas Bumi (BPH Migas) dan Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) di Cilacap, Kamis (24/3/2022).


Cilacap, serayunews.com

Dikatakan Arief, sebagai kilang pengolahan, pihaknya siap menjalankan tugas menyediakan BBM sesuai demand untuk menghadapi Ramadan dan Idul Fitri dari kebutuhan normal.

Baca juga  Banjir Bandang, Jembatan di Karangpucung Cilacap Putus

“Kilang Cilacap merupakan penyuplai BBM di Pulau Jawa mencapai 60 persen dan kebutuhan Nasional 33 persen. Ini tentu menjadi tanggung jawab besar yang wajib kami jalankan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Komite BPH Migas, Yapit Sapta Putra mengapresiasi kinerja RU IV yang telah melakukan berbagai improvement sehingga distribusi BBM di Pulau Jawa maupun cadangan secara nasional bisa terkendali dan kehandalan operasional relatif terjaga aman.

“Kami yakin dari banyaknya pengalaman menghadapi Lebaran jika kita tetap bergandengan tangan, baik RU maupun Pertamina Retail semuanya akan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca juga  Kapal Tongkang Raksasa Terdampar sampai Deklarasi Anies Baswedan Trending di Serayunews.com

Pertemuan ini menjadi pelengkap komunikasi dan koordinasi yang dapat memunculkan ide-ide atau gagasan baru.

“Jika selama ini kami hanya berkomunikasi dengan Pertamina Retail, ke depannya koordinasi bisa melibatkan semua RU,” ujar Yapit.

Fuel Terminal Manager Lomanis, Rahmat Febriadi menjelaskan, Pertamina memiliki infrastruktur yang memadai guna mendukung pendistribusian dan pemasaran produk energi yang dihasilkannya, termasuk produk BBM.

“Melalui pipa, kilang Cilacap menyuplai ke beberapa terminal BBM dan LPG di Jawa Tengah seperti Lomanis, Maos, Rewulu, dan Boyolali. Untuk Tasikmalaya dan Bandung Grup, di Jawa Barat. Sedangkan melalui kapal, kilang Cilacap menyuplai ke beberapa wilayah di Regional Jawa Bagian Barat (JBB), JBT hingga Jawa Timur termasuk produk Avtur,” pungkasnya.

Baca juga  Parpol di Cilacap Dikucur Bantuan Rp2,9 Miliar, Ini Daftarnya

Kunjungan kerja BPH Migas ini, diakhiri dengan pantauan langsung tim komite ke area kilang.

Berita Terkait

Berita Terkini