Jumat, 2 Desember 2022

Hadapi Pemilu 2024, Purbalingga Bentuk Sentra Gakkumdu, Ini Tugasnya

Foto bersama tiga lembaga dalam Gakkumdu Kabupaten Purbalingga, usai acara rakor di Aula Bawaslu beberapa waktu lalu. (Dok Bawaslu)

Tahapan Pemilu 2024, sudah mulai sejak beberapa bulan lalu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sudah mulai aktif. Sebagai langkah antisipasi penanganan pelanggaran, Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) pun dibentuk.


Purbalingga, serayunews.com

Sentra Gakumdu terdiri atas tiga lembaga, yakni Bawaslu, Kejaksaan, dan Polisi. Bertujuan untuk menyamakan persepsi, mereka sudah melakukan pertemuan, sebagai komunikasi awal.

“Sentra Gakkumdu sudah terbentuk pada akhir Oktober lalu, terdiri dari Bawaslu, Polres Purbalingga, dan Kejaksaan Negeri Purbalingga,” kata Ketua Bawaslu, Imam Nur Hakim, Kamis (3/11/2022).

Imam menyampaikan, Gakumdu untuk penanganan persoalan yang ada selama proses Pemilu. Sehingga, bisa lebih objektif tidak semata berdasarkan dari Bawaslu.

“Tujuan adanya Sentra Gakkumdu, untuk menyamakan persepsi dan pola penanganan tindak pidana pemilu. Menghadapi permasalahan, terutama dalam penanganan tindak pidana Pemilu 2024 mendatang,” kata Imam.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga, Revanda Sitepu berharap, dengan terbentuknya Sentra Gakkumdu Kabupaten Purbalingga segala permasalahan dalam penanganan pelanggaran pidana pemilu dapat berjalan dengan baik.

“Saling koordinasi, keterbukaan dan tidak ada suatu kepentingan apapun,” katanya.

Wakapolres Purbalingga, Kompol Pujiono mengatakan, untuk menyamakan pemahaman dalam penanganan pidana pemilu, Sentra Gakkumdu Purbalingga harus memiliki brand yang bagus.

“Tidak ada suatu kepentingan dan komunikasi adalah sebagai kunci dalam menghadapi permasalahan,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini