Selasa, 7 Februari 2023

Harga Telur di Cilacap Melambung, Ternyata Ini Biang Keroknya

Salah stu pedagang telur di Cilacap. (Irfan Miftah ramadhan)

Harga telur ayam ras di wilayah Kabupaten Cilacap, mengalami kenainkan signifikan dalam beberapa hari terakhir. Dimana harga normalnya berkisar Rp 20 ribu per kilogram, kini melonjak hingga Rp 32 ribu per kilogram.


Cilacap, serayunews.com

Kabid Stabilisasi Harga, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Cilacap, Titi Suwarni mengatakan, kenaikan harga telur ayam ras di Cilacap terjadi sejak sepekan lalu. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi sepanjang 2022, dimana harga tertinggi sebelumnya hanya di kisaran Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu.

“Sudah satu pekan lebih harga telur terus naik, kenaikannya pun tergolong cepat. Meski begitu kenaikan harga ini tidak mempengaruhi komoditas telur bebek,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (24/8/2022).

Menurutnya, penyebab melonjaknya harga telur ayam ras saat ini sebagai efek domino penurunan populasi ayam petelur di saat pandemi hingga memasuki masa Lebaran 2022. Selain itu, adanya kenaikan permintaan telur yang terjadi sejak longgarnya kegiatan sosial ekonomi masyarakat juga menjadi pemicunya.

“Kalau kenaikan yang saat ini sedang berlangsung, karena berasal dari serapan-serapan bantuan sosial di masyarakat, sehingga turut mendongkrak konsumsi telur,” jelasnya. (Irfan)

Berita Terpopuler

Berita Terkini