Senin, 18 Oktober 2021

Hari Anak Nasional 2021 saat Pandemi, Dorong Anak untuk Peduli Sesama

Dinas KB PP PA Kabupaten Cilacap peringati Hari Anak Nasional secara online. (Irfan)

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) jatuh pada hari ini, Jumat, 23 Juli 2021. Peringatan HAN setiap tahunnya memiliki tema tersendiri, apalagi di tahun ini. Dengan adanya pandemi dan diberlakukannya PPKM Darurat, peringatan dilakukan melalui webinar, baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Harapannya, pada HAN di masa pandemi, bisa mendorong anak untuk peduli pada sesama.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Cilacap Murniyah mengatakan, pandemi diharapkan tidak membuat anak untuk berhenti peduli kepada sesama. Sikap peduli terhadap lingkungan juga sebagai aspek penting di tengah pandemi Covid-19. Karena dampaknya luas, tidak hanya mengancam keselamatan namun memengaruhi psikis lingkungan masyarkat, termasuk anak.

“Saya harap ini menjadi momentum untuk anak dalam menunjukkan kepeduliannya kepada sesama,” jelasnya kepada serayunews.com, Jumat (23/7/2021).

Dia mengatakan, peringatan HAN tahun ini digelar secara online melalui webinar. Hanya saja untuk peringatan HAN di tingkat Kabupaten Cilacap, akan digelar selepas PPKM Darurat usai, atau saat jumlah kasus Covid-19 berkurang.

“Tadi sekitar jam 09.00 kami mengikuti webinar peringatan HAN tingkat Nasional dan dilanjutkan peringatan HAN tingkat provinsi di siangnya. Sedangkan untuk tingkat kabupaten akan digelar sekitar bulan Agustus,” katanya.

Ia menjelaskan, tema peringatan HAN tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Hal itu merupakan sebuah motivasi walaupun masih situasi pandemi, namun tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN secara virtual, namun tanpa mengurangi maknanya.

“Yang paling penting ini makna dari Hari Anak Nasional tidak berkurang sedikit pun, walau tidak digelar secara langsung. Apalagi dimasa pandemi ini pola kehidupan anak berubah, karena kurang berinteraksi dengan sebayanya,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini