Sabtu, 29 Januari 2022

Hebat! Cilacap Raih Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menerima Piagam Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dengan Predikat Kepatuhan Tinggi yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah Siti Farida di Hotel Grand Edge Semarang (Foto : Kompimpro Setda Cilacap)

Pemerintah Kabupaten Cilacap menerima Piagam Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dengan Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah dengan nilai 88,16.


Semarang, serayunews.com

Piagam penghargaan diterima secara langsung oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Grand Edge Semarang pada Rabu (12/01/2022).

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah Siti Farida, menyampaikan diselenggarakannya acara tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada kabupaten/kota dalam hal pelayanan publik. Ia juga menyampaikan bahwa pelayanan publik di Indonesia terus berproses untuk menuju hasil yang maksimal.

Baca juga  Tri Gunawan Pimpin Kwarcab Kabupaten Purbalingga Periode 2022-2026

“Kita refleksikan bersama kesadaran berbangsa dan bernegara terkait dengan pentingnya pelayanan publik. Ikrar tentang tujuan nasional kita yang tercantum dari Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah esensi dari Pelayanan Publik. Sehingga kita pahami bersama, hasil dan proses yang belum maksimal itulah refleksi kita,” ujarnya.

Piagam Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021

Menurutnya, meski belum semua kabupaten di Jawa Tengah memperoleh predikat zona hijau atau kepatuhan tinggi, namun telah berkomitmen dengan proses yang panjang untuk menuju pelayanan publik yang prima dan berkelas dunia. Penilaian pelayanan publik juga dinilai dari tingkat laporan dari masyarakat.

Baca juga  Singkong Gulung Mendoan Banyumas Juarai Lomba Kuliner Nasional HUT PDIP ke-49

“Melihat potret pelayanan tidak semata-mata dari standar pelayanannya apakah zona hijau, kuning atau merah tetapi juga bagaimana respon, tanggapan, dan tindak lanjut terhadap kepala daerah terhadap laporan masyarakat yang disampaikan melalui Ombudsman,” katanya.

Sementara itu, dari 416 Kabupaten/Kota di Indonesia, terpilih 103 Kabupaten/Kota yang menerima predikat zona hijau atau kepatuhan tinggi termasuk Kabupaten Cilacap dengan nilai 88,16.

Di tingkat Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap menerima hasil nilai tertinggi zona hijau kategori kabupaten disusul oleh Kabupaten Pemalang dengan nilai 85,57, Kabupaten Sukoharjo dengan nilai 84,93 dan Kabupaten Banyumas dengan nilai 82,15 sedangkan untuk zona hijau kategori Kota yaitu dari Pemkot Tegal dengan nilai 91,11.

Baca juga  PMI dan BPBD Banjarnegara Serahkan Bantuan Logistik untuk Korban Bencana Tanah Gerak Pagentan

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan terimakasih kepada Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah atas penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Cilacap. Bupati mengatakan, bahwa untuk memajukan Kabupaten Cilacap diperlukan kerja tim serta kekompakan dari semua pihak.

“Mengelola Pemerintahan dibutuhkan team work, bukan individu. Jadi untuk mencerdaskan, mensejahterakan, memajukan ini adalah perlu adanya tim. Tim yang bisa bekerjasama dan sama-sama bekerja. Saya berterimakasih, kesuksesan ini bukan karna saya sendiri tetapi atas kerjasama baik Wakil Bupati, Sekda dan semuanya. Kekompakan untuk membangun Cilacap harus terus dijaga, dan amanat ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,” kata Bupati.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini