Jumat, 21 Januari 2022

Heboh, Jasa Pembuatan Ijazah Ditawarkan Secara Terbuka di Facebook, Ini Respons Dinas Pendidikan Purbalingga

Heboh, Jasa Pembuatan Ijazah Ditawarkan Secara Terbuka di Facebook, Ini Respons Dinas Pendidikan Purbalingga. (Tangkapan layar facebook)

Jasa membuat ijazah ditawarkan secara terbuka oleh seseorang di media sosial. Pada grup facebook ‘INFO SEKITAR PURBALINGGA PERWIRA’. Pada postingan itu dijanjikan ijazah asli, baik ijazah SMA maupun Sarjana. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga, mengimbau agar masyarakat tidak mempercayai informasi yang mengandung unsur penipuan.


Purbalingga, serayunews.com

Kepala Dindikbud Purbalingga Tri Gunawan Setyadi mengatakan, bahwa postingan tersebut tidak bisa dipercaya. Penerbitan ijazah sudah ada aturan sendiri dan tidak semudah itu dilakukan oleh pihak luar sekolah atau universitas.

Baca juga  PMI dan Semagara Kirimkan Relawan ke Sekolah Bencana Semeru

“Itu semua sudah tau kalau aturan penerbitan seperti itu (Ijazah, red) ada di kewenangan diktik,” kata Tri Gunawan, Jumat (14/01/2022).

Namun demikian, dia juga telah mengimbau kepada seluruh jajaran di bawah naungan Dindikbud. Agar bisa meneruskan ke seluruh instansi dan sekolah-sekolah untuk ikut mengimbau ke masyarakat. Hal itu untuk antisipasi karena tetap ada potensi masyarakat umum yang bisa tergiur.

“Kami sudah sampaikan informasi tersebut ke seluruh jajaran di bawah naungan Dindik. Kami yakin rekan-rekan di jajaran kami tidak mempercayai hal tersebut. Hanya saja, memeng perli diumbau kepada masyarakat umum,” katanya.

Baca juga  Ganjar Harap Kabupaten dan Kota Inisiatif Percepat Vaksinasi Anak

Tri Gunawan menambahkan, untuk kalangan guru di sekolah-sekolah, diayakini tidak akan percaya akan hal tersebut. Sebab, bagi guru untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi pun sudah ada prosedurnya.

“Kalau untuk kalangan guru, untuk melanjutkan sekolah lagi kan juga ada prosedurnya. Harus ada izin sekolah dan mengetahui instansi terkait,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini