Senin, 5 Desember 2022

Hemat Energi, ASN di Purbalingga Tidak Boleh Sembarangan Nyalakan AC Kantor

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Purbalingga, Agus Winarno. (Dok: Humas Protokol)

Aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Purbalingga saat ini tidak bisa sembarangan menyalakan AC atau pendingin ruangan di kantornya. Karena itu, masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), diminta membentuk tim gugus tugas penghematan energi dan air.


Purbalingga, serayunews.com 

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Winarno menyampaikan, Pemkab Purbalingga membentuk tim konversi energi untuk penghematan energi dan air.

“Untuk mendukung program tersebut, harapannya setiap OPD membentuk tim gugus tugas penghematan energi dan air,” katanya, Senin (14/11/2022).

Rencana gerakan tersebut, sudah melalui rapat bersama sejumlah OPD meliputi Dinmurkin, DLH, Dindikbud, Dinkes, Dinkominfo dan Bagian Perekonomian Setda.

“Untuk menyukseskan gerakan ini, perlu komitmen dari para pimpinan OPD,” ujarnya.

Komitmen antara OPD di antaranya dengan menyusun kebijakan manajemen energi, penyusunan SOP, menetapkan target penghematan dan penyusunan program efisiensi energi. Tak kalah pentingnya, pembentukan tim gugus tugas penghematan energi.

“Di setiap OPD harus menerapkan peralatan hemat energi seperti menggunakan peralatan yang hemat energi. Memasang building automation system (BAS) dengan memperhatikan densitas daya lampu maksimum 7,5 Watt/m² yang sesuai SNI 6197:2020,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa secara teknis bisa dengan memanfaatkan kondisi lingkungan seperti memaksimalkan pencahayaan alami dalam ruangan. Misalnya, ventilasi alami untuk gedung tidak ber-AC dan memaksimalkan vegetasi di sekitar bangunan gedung untuk menunjang penghematan energi.

Berita Terpopuler

Berita Terkini