Senin, 23 Mei 2022

Hikmah Pandemi Jadi Pesan Khotib Salat Idulfitri di Alun-alun Banjarnegara

Pelaksanaan shalat Idulfitri 1442 H di Alun-alun Banjarnegara (Maula Asadillah)

Salat Idulfitri 1442 H yang digelar di Alun-alun Banjarnegara pada Kamis (13/5/2021) mendapatkan pengawalan ketat dari tim dinas kesehatan kabupaten, BPBD, serta satgas ormas Islam yang ada di Banjarnegara. Jemaah Salat Idulfitri yang dimulai tepat pukul 06.15 WIB ini, sebagai imam sekaligus khotib adalah ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banjarnegara Drs Sobri. Salah satu yang diungkapkan dalam khotbah tersebut adalah terkait hikmah pandemi.


Banjarnegara, serayunews.com

Pengawalan yang dilakukan tidak mengurangi kekhusyukan bagi para umat muslim di Banjarnegara yang menjalankan salat Idulfitri di Alun-alun Banjarnegara. Apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid 19 yang sudah berjalan lebih dari satu tahun.

Baca juga  Prakiraan Cuaca di Banjarnegara Hari Ini, 30 April 2022

Disadari atau tidak, wabah ini menjadikan banyak masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru sesuai dengan penerapan protokol kesehatan penanganan Covid 19. Pandemi ini juga berimbas pada banyak hal, termasuk ekonomi dan kebiasaan umat muslim dalam beribadah.

Hal ini disampaikan oleh Drs Sobri selaku khotib salat Idulfitri 1442 H di Alun alun Banjarnegara. Dalam khotbahnya dia mengajak umat Islam sabar dan peduli sesama di tengah pandemi ini. Yakinlah bahwa di balik wabah yang terjadi tentu ada hikmah besar, meskipun karena wabah ini pula berdampak pada berbagai sisi, mulai dari ekonomi, meningkatnya krisis sosial hingga bertambahnya angka kemiskinan.

Baca juga  Lebih Dari 15.000 Wisatawan, Padati Serulingmas Zoo Banjarnegara
Pengamanan shalat idulfitri di Alun-alun Banajrnegara (Maula Asadillah)

Untuk itu, kepedulian sesama harus ditingkatkan, begitu juga dengan kewaspadaan agar wabah ini segera berlalu dan kehidupan menjadi normal.

“Vaksinasi merupakan satu upaya dalam memutus persebaran virus ini, sesuai dengan anjuran vaksin ini halal dan baik, mari bersama kita melawan dan bangkit dari wabah ini,” ujarnya.

Dikatakannya, selain bersama mendukung vaksin, penerapan protokol kesehatan juga harus diterapkan. Hal ini mengingatkan kita untuk menjaga kebersihan sesuai dengan anjuran agama.

Berita Terkait

Berita Terkini