Rabu, 5 Oktober 2022

Honorer Bakal Dihapus Mulai 2023, Begini Kata Pemkab Cilacap

(Foto Dok : Irfan) 

Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memastikan, penghapusan honorer di tiap instansi pemerintah bakal dimulai 2023 mendatang. Terkait hal itu, Pemkab Cilacap melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Cilacap, masih menunggu instruksi dari pusat.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala BKPPD Cilacap, Warsono mengatakan, sejauh ini pemkab masih belum menerima dokumen terkait aturan tersebut.

Keputusan itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang menyatakan pegawai non-PNS di instansi pemerintah melaksanakan tugas paling lama hingga 2023.

Dalam PP Nomor 49 Tahun 2018 disebutkan, setiap instansi pemerintahan diberikan kesempatan menyelesaikan kontrak tenaga honorer sampai tahun 2023 mendatang.

“Kami sedang menunggu juklaknya dari pusat. Masih sekitar satu tahun lagi, relatif cukup lama,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (20/1/2022).

Warsono mengungkapkan, status pegawai pemerintah terhitung sejak 2023 hanya ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meliputi dua kategori, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sedangkan untuk memenuhi pekerjaan yang basic seperti cleaning service, security, dan lain-lain, disarankan untuk menggunakan tenaga alih daya atau outsourcing.

“Jadi ke,depan hanya ada ASN, yakni PNS dan PPPK. Perlu dipahami juga, PNS itu sudah pasti ASN, kalau ASN belum tentu PNS,” ujarnya. (Irfan)

Berita Terpopuler

Berita Terkini