Sabtu, 25 Maret 2023

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Tiga Rumah di Kejobong Purbalingga Tertimpa Pohon

Petugas BPBD Purbalingga melakukan assesmen terhadap rumah warga di Desa Gumiwang Kecamatan Kejobong, yang tertimpa pohon, Kamis (16/3/2023). (Dok BPBD Purbalingga)

Hujan deras dengan angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Purbalingga, Kamis (16/3/2023) sore, menyebabkan tiga rumah di Kecamatan Kejobong rusak tertimpa pohon. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.


Purbalingga, serayunews.com

“Kejadian tersebut masing-masing terjadi di Desa Gumiwang dan Desa Sokanegara Kecamatan Kejobong. Satu rumah di Gumiwang rusak tertimpa pohon. Sedangkan di Desa Sokanegara dua rumah tekena musibah serupa,” kata Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Priyo Satmoko dalam laporannya.

Di RT 1 RW 1 Desa Gumiwang, tiga pohon masing-masing pohon Randu, pohon Alba, dan pohon kelapa tumbang menimpa rumah atas nama Muharso Al Kasir. Akibatnya Atap rumah berupa seng rusak, talang sepanjang 13 m rusak, asbes 4 lembar rusak, papan risplang 2 lembar panjang 3 meteran dan 2 batang penglari patah.

“Rumah mengalami rusak ringan,” jelasnya.

Baca juga: Hati-hati dan Teliti, Beberapa Produk Kedaluwarsa Beredar di Sejumlah Pasar di Purbalingga 

Musibah yang sama terjadi di RT 02/03 dan RT 02/01 Desa Sokanegara Kecamatan Kejobong. Pohon duren tumbang menimpa rumah atas nama Paryono Yasun dengan penghuni 2 KK 6 Jiwa. Selain itu pohon Jengkol tumbang menimpa atap rumah milik Sumarti dengan penghubi 1 KK 4 Jiwa.

“Petugas kami langsung ke lapangan untuk melakukan assesmen,” terangnya.

Petugas BPBD bersama warga melakukan evakuasi terhadap pohon yang menimpa rumah warga tersebut. Mereka juga melakukan pembersihan dan penataan kembali rumah yang porak poranda karena tertimpa pohon.

“Rumah yang tertimpa pohon masuk kategori rusak ringan dan sedang. Kerusakan terjadi di bagian atap karena terkena batang pohon,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini