Selasa, 24 Mei 2022

Indosat Ooredoo Hutchison Catat Kenaikan Trafik Data Selama Lebaran Capai 27%

Caption Foto : President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha. (Foto : Dok Indosat)

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat, kenaikan trafik data selama perayaan Lebaran tahun ini merupakan angka tertinggi, yaitu mencapai 27%. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital, Indosat berhasil mempertahankan perfora jarigan dengan baik.


Purwokerto, Serayunews.com

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, dalam rilis yang dikirim ke serayunews.com mengatakan, pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27% terjadi pada pada tanggal 29 April 2022 atau H-3 lebaran.

“Lebaran ini menjadi momentum kami untuk mempercepat proses integrasi jaringan dan kami senang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik selama masa libur Lebaran, meskipun terjadi lonjakan trafik data yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim IOH dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan,” jelasnya.

Baca juga  PKM Sudah Jangkiti Ternak di Purbalingga, Terindikasi Tertular dari Banjarnegara 

Lebih lanjut Vikram memaparkan, IOH juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13% di masa libur lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Ditunjang dengan data statistik di bulan Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, di antaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Pare-pare.

Baca juga  Kecelakaan di Tritih Wetan Cilacap, Pemotor Meninggal Dunia di RS

Pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi oleh IOH melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun 2020 lalu. Tercatat pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25%, media sosial naik 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan dengan hari normal dan Lebaran tahun lalu.

YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Sementara itu, untuk program THR (Tri Hujan Rejeki) yang ada di aplikasi bima+ dan program RAMAH (Ramadan Penuh Berkah) di aplikasi myIM3, tercatat trafik pengguna naik sekitar 34%.

Baca juga  Remaja Pembunuh Sadis Bocah 9 Tahun di Banjarnegara, Divonis 19 Tahun Penjara

Beberapa aktivitas peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan serta operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Tri dan IM3 menikmati pengalaman digital yang terbaik. Pelanggan Tri dan IM3 tetap bisa berkomunikasi dengan lancar di jaringan 4G, meskipun terjadi tren peningkatan trafik.

“Sesuai dengan misi Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, kami berharap jaringan terintegrasi dengan dukungan ekosistem digital IOH yang lengkap akan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini,” terang Vikram.

Berita Terkait

Berita Terkini