Kamis, 11 Agustus 2022

Ini Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia

Ilustrasi. Gambar oleh wsyperek dari Pixabay

Indonesia memastikan lolos ke Piala Asia 2023 setelah menjadi salah satu runner up terbaik. Dalam sejarahnya, Indonesia sudah empat kali berpartisipasi di Piala Asia.


Kuwait City, serayunews.com

Dalam empat kali partisipasi, Indonesia selalu gagal di babak grup. Berikut rangkuman rekam jejak Indonesia di Piala Asia.
Piala Asia 1996

Indonesia lolos ke Piala Asia 1996 setelah menyingkirkan India dan Malaysia di kualifikasi. Di Piala Asia 1996, Indonesia masuk grup A bersama Kuwait, Uni Emirat Arab, dan Korea Selatan.

Baca juga  Erling Haaland Bekuk Munchen, Arsenal Pesta Gol

Indonesia hanya bisa mendapatkan satu poin hasil seri 2-2 melawan Kuwait. Padahal, Indonesia sempat unggul 2-0. Di dua laga lainnya Indonesia mengalami kekalahan.

Indonesia kalah 2-4 dari Korea Selatan dan kalah 0-2 dari tuan rumah Uni Emirat Arab. Hanya satu poin, Indonesia pun tersingkir.

Momen yang paling banyak dikenang dari Piala Asia 1996 ini adalah gol salto Widodo C Putro ke gawang Kuwait.

Piala Asia 2000

Di Piala Asia 2000 Indonesia masuk grup B bersama China, Korea Selatan, dan Kuwait. Indonesia kembali hanya mendapatkan satu poin hasil seri 0-0 melawan Kuwait.

Baca juga  Ada Jumat Bahagia dari Kantor Kemenag Cilacap, Apa Itu?

Melawan China, Indonesia dibantai lima gol tanpa balas. Melawan Korea Selatan, Indonesia kalah 0-3. Indonesia hanya sampai di babak grup.

Piala Asia 2004

Untuk pertama kalinya di ajang Piala Asia, Indonesia mendapatkan kemenangan. Indonesia mampu mengalahkan Qatar 2-1 di babak grup A. Tapi di dua laga berikutnya Indonesia keok.

Indonesia kalah dari tuan rumah China 0-5. Di laga terakhir Indonesia kalah 1-3 dari Bahrain. Imbasnya, Indonesia kembali gagal melewati fase grup.

Piala Asia 2007

Di Piala Asia 2007 Indonesia menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Indonesia mampu mendapatkan kemenangan di laga perdana melawan Bahrain dengan skor 2-1.

Baca juga  Ganjar Galakkan Penanaman Pohon di Lahan Kritis

Sayangnya di laga kedua Indonesia kalah 1-2 dari Arab Saudi. Yang menyakitkan, gol kemenangan Arab Saudi dicetak di menit 90. Di laga ketiga Indonesia kalah 0-1 dari Korea Selatan. Indonesia pun gagal lolos ke babak gugur.

Setelah 2007, Indonesia gagal lolos ke Piala Asia tiga kali beruntun yakni tahun 2011, 2015, dan 2019. Kini, Indonesia kembali bakal berlaga di Piala Asia yakni tahun 2023.

Berita Terkait

Berita Terkini