Minggu, 5 Februari 2023

Inspiratif, Pemuda Cilacap Ini Kantongi Rp30 Juta per Bulan dari Bisnis Pembibitan Tanaman Buah

Ardi saat melakukan perawatan bibit tanaman buah miliknya, Rabu (7/12/2022). (Irfan/Serayunews)

Kisah inspiratif kali ini dari Irmam Ardi, seorang pemuda asal Dusun Tegalsari RT 05 RW 06 Desa Kawunganten Lor, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap yang sukses berbisnis pembibitan tanaman buah.


Cilacap, serayunews.com

Ardi mengatakan, dia mulai merintis usaha pembibitan tanaman buah sejak 2018 silam. Bahkan omzet yang diperoleh dari hasil pembibitan tanaman buah yang dijalankannya, saat ini mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

“Saya sebelumnya guru honorer di Kota Bandung, kemudian pulang ke kampung dan mulai menekuni usaha bibit tanaman buah,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (7/12/2022).

Ia menceritakan, awal mula dia menekuni usaha tersebut lantaran saat menjadi guru honorer gajinya tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup. Lalu, ia memanfaatkan lahan pekarangan kosong miliknya yang berada tak jauh dari rumahnya untuk pembibitan tanaman buah.

“Saya mulai dengan sekitar 80 jenis bibit buah seperti alpukat, rambutan, durian, kelengkeng, mangga, jeruk dan jenis buah-buahan lainnya. Untuk proses mendapatkan bibit buah yang bagus, awal mula ditanam bijinya dulu, setelah tumbuh baru disambung atau diokulasi dengan indukan berkualitas,” tuturnya.

Bibit buah dijual dengan harga mulai dari Rp15 ribu hingga ratusan ribu rupiah per pohon, tergantung dari besar kecilnya. Pemasaran bibit dilakukan secara konvensional dan juga melalui media sosial. Sehingga pembeli bibit buah miliknya tak hanya dari Cilacap saja, namun juga dari luar kota.

“Pembeli saya sekarang sudah lintas provinsi, mulai dari Cilacap sendiri kemudian Kebumen, Tasikmalaya, Tegal, Jogja. Ada juga di wilayah Jawa Timur hingga Kalimantan, Flores dan Riau. Untuk omzet, sekarang sampai Rp30 juta per bulannya,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini