iPhone 15 Terbaru Rumornya hanya Mendukung USB-C MFi

iPhone 15 Terbaru Rumornya hanya Mendukung USB-C MFi

Bagikan:
Gambar dua buah smartphone iPhone terbaru berwarna biru dan abu-abu
iPhone 15 terbaru rumornya hanya mendukung USB-C berserifikasi, gambar ilustrasi (Pixabay/ lukgehr)

SERAYUNEWS – iPhone 15 terbaru belakangan ini masih menjadi topik yang hangat bagi para pecinta produk besutan Apple.

Rumor terbaru mengungkap bahwa seri iPhone 15 Apple secara resmi hanya akan mendukung aksesori USB-C yang telah mengantongi sertifikasi program Made for iPhone (MFi)

Ini kemungkinan bakal membatasi fungsionalitas aksesori pihak ketiga di luar MFi.

Sejak pertama kali hadir pada tahun 2012, port dan konektor Lightning pihak pertama dan bersertifikasi MFi telah mengandung sirkuit terintegrasi kecil yang menegaskan keaslian komponen yang terlibat dalam koneksi.

Kabel pengisian daya pihak ketiga yang tidak bersertifikasi MFi, misalnya, tidak memiliki fitur chip ini, yang sering kali menyebabkan peringatan ‘Aksesori ini tidak didukung’ pada perangkat Apple yang terhubung.

iPhone 15 Terbaru akan Pakai USB-C

Apple secara luas kemungkinan akan mengganti port Lightning untuk USB-C pada model iPhone 15.

Melansir dari MacRumors (24/5/2023), awal bulan ini sebuah rumor dari China menunjukkan bahwa port USB-C pengganti akan terus memiliki chip otentikasi seperti Lightning, meskipun port USB-C pada iPad Apple tidak memiliki chip tersebut.

Adapun seorang analis Apple berinisial ShrimpApplePro tak lama ini juga menguatkan rumor tersebut dengan mengklaim bahwa ‘USB-C dengan MFi bakal hadir,’

Artinya, Foxconn mungkin telah memproduksi secara massal aksesori seperti EarPod dan kabel yang sesuai dengan sertifikasi Apple.

Chip autentikator sendiri kemungkinan akan hadir di USB-C milik iPhone untuk mendorong pelanggan membeli periferal iPhone asli.

Terlepas dari keuntungan ini, muncullah kekhawatiran dari pengguna soal pembatasan fitur-fitur seperti pengisian daya cepat dan transfer data berkecepatan tinggi.

Di luar itu, segala hal mengenai iPhone 15 masih sebatas rumor belaka dan Apple belum mengkonfirmasi akan hal tersebut.

Apa Itu MFi?

MFi adalah singkatan dari ‘Made for iPhone/iPod/iPad’. Ini adalah program sertifikasi resmi dari oleh Apple Inc. kepada pihak ketiga (perusahaan atau produsen aksesori)

Sehingga, mereka bisa mengembangkan dan memasarkan aksesori yang kompatibel dengan perangkat iPhone, iPod, dan iPad.

Program MFi memastikan bahwa aksesori tersebut memenuhi standar kualitas, kompatibilitas, dan keamanan dari Apple.

Perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi MFi harus mematuhi panduan desain, menjalani serangkaian pengujian, dan membayar biaya lisensi kepada Apple.

Dengan memperoleh sertifikasi MFi, perusahaan aksesori dapat menggunakan logo MFi resmi Apple pada produk mereka.

Tandanya, aksesori tersebut telah kompatibel dengan perangkat Apple.

Ini memberikan kepercayaan kepada pengguna bahwa aksesori tersebut dapat berfungsi dengan baik, terintegrasi dengan perangkat Apple, dan tidak akan menyebabkan masalah.***

 


© 2016 Serayu News