Sabtu, 20 Agustus 2022

Jadi Titik Rawan Kemacetan Pertigaan Ajibarang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin

Kapolres Banyumas Cek Jalur Libur Nataru di Lintas Banyumas dan Jalur Selatan

Banyumas, Serayunews.com-Kapolresta Banyumas, AKBP Wisnu Charaka melakukan  pemeriksaan jalur lalu lintas di sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas. Hal ini untuk mengecek kesiapan anggotanya dalam mengamankan libur Natal dan Tahun Baru (nataru), Minggu (22/12). Salah satu titik rawan kemacetan yaitu pertigaan Ajibarang, menjadi prioritas penanganan apabila arus lalu lintas meningkat signifikan.


“Kami melakukan pengecekan di sejumlah titik, dimulai dari Kecamataan Ajibarang, Kemranjen, Banyumas, Sokaraja kemudian ke arah Baturraden,” kata Kapolresta kepada Serayunews.com.

Dari pengecekan tersebut, pihaknya bisa menilai lokasi-lokasi yang merupakan titik rawan kepadatan arus lalu lintas, serta bisa menentukan lokasi-lokasi yang dapat dilakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan.

Baca juga  Andalas Banjarnegara Bersua PP Al Ikhsan Surakarta di Final Liga Santri

“Kami perkirakan di pertigaan Ajibarang, tetapi tidak sepadat pada saat hari raya atau arus mudik balik. Meski demikian kami sudah perisiapkan rekayasa lalu lintas,” kata dia.

Rekayasa lalu lintas tersebut, akan dilangsungkan jika kondisinya memang sudah cukup padat jalur lalu lintasnya. Seperti memeberlakukan satu laju jalur pada wilayah-wilayah tersebut.

“Tidak hanya itu, kami juga melakukan koodinasi dengan Polres Brebes. Jadi ketika volume kendaraan dari Brebes ramai, mereka langsung menginformasikan ke kami. Begitu hendak masuk ke pertigaan Ajibarang kita alihkan biar tidak terjadi penumpukan,” ujarnya.

Baca juga  Pertamina Sosialisasikan PKB, GM Pertamina Cilacap Tegaskan sebagai PKB Terbaik

Selain itu, pengecekan tersebut masih menurut Wisnu juga untuk memberikan dukungan moril kepada para anggotanya yang melakukan pengamanan di sejumlah pos pam Polresta Banyumas.

“Dengan kehadiran kita di situ mereka bisa semangat melaksanakan tugas di lapangan. Sehingga mereka akan memberikan pelayanan yang prima kepada para pengendara,” kata dia.

Saat ini arus lalu lintas memang sudah mulai terlihat cukup ramai, namun dari pantauan Serayunews.com di wilayah perkotaan Purwokerto masih terlihat ramai lancar. Belum ada lonjakan arus lalu lintas yang begitu signifikan. Bahkan di tempat-tempat liburan seperti Kecamatan Baturraden, arus lalu lintasnya juga masih terlihat lancar.(san)

Berita Terkait

Berita Terkini