Senin, 5 Desember 2022

Jaga Kondusivitas Keamanan dan Ketertiban, Pengurus Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan Cilacap Dikukuhkan

Pengurus Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan Periode 2023-2025 saat dikukuhkan dengan membaca Ikrar di Aula Kelurahan Donan, Kamis (10/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)

Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Sub Sektor Donan, Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap periode 2023 – 2025 dikukuhkan. Dengan keberadaan Pokdar Kamtibmas, menjadi garda terdepan dalam memberikan rasa aman dan tenteram di tengah masyarakat termasuk di Kelurahan Donan.


Cilacap Tengah, serayunews.com

Adapun pengukuhan Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan berlangsung di Aula Kelurahan Donan. Hadir di acara itu perwakilan dari Forkopimcam, Badan Kesbangpol Cilacap, Lurah Donan, Ketua Pokdar Resor Cilacap. Hadir juga sejumlah Ketua Pokdar Cilacap Tengah, serta sejumlah anggota Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan, Kamis (10/11/2022).

Untuk pengukuhan pengurus, berawal dengan membaca ikrar dan penyematan rompi atribut Pokdar Kamtibmas, serta penyerahan Lambang Pataka dan kartu tanda anggota Pokdar Kamtibmas oleh Ketua Pokdar Kamtibmas Resor Cilacap Tarmuji kepada Ketua Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan Jasiman.

Ketua Pokdar Kamtibmas Resor Cilacap Tarmuji mengatakan, dengan pengukuhan pengurus Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan, akan menambah rasa aman dan nyaman lingkungan masyarakat Donan.

“Alhamdulillah dengan keberadaan Sub Sektor Donan sudah mencapai 786 anggota dan bisa memediasi dan mengatasi kriminal kecil dan terbukti Pokdar Kelurahan Donan yang dulu historinya luar biasa, sekarang sudah menjadi Kelurahan Donan yang humanis,” ujarnya.

Penyematan atribut Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan Periode 2023-2025 saat pengukuhan di Aula Kelurahan Donan, Kamis (10/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)
Ada 2.500 Orang

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Cilacap Tengah Sentot menyampaikan, bahwa jumlah anggota Pokdar di wilayah Kecamatan Cilacap Tengah berjumlah sekitar 2.500 orang, dan anggota terbanyak ada di wilayah Kelurahan Donan.

“Paling banyak di Kelurahan Donan, karena akar tumbuhnya Pokdar, tahun 2008 itu di Kelurahan Donan. Kami harapkan dengan pengukuhan pengurusan yang baru ini, untuk anggota dan pengurus lebih inovatif, dan bisa bersinergi dengan Linmas membantu pelaksanaan Pemilu tahun 2024,” ujarnya.

Lurah Donan Tutur mengatakan, pihaknya menargetkan 10 Pokdar untuk masing-masing RT, dari jumlah RT yang ada yakni 125 RT. Sehingga dari jumlah Pokdar saat ini berjumlah 786 orang dapat terus bertambah hingga 1250 anggota di seluruh wilayah Kelurahan Donan.

Penyerahan Pataka Pokdar Kamtibmas saat pengukuhan pengurus Sub Sektor Donan Periode 2023-2025 di Aula Kelurahan Donan, Kamis (10/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)

Sehingga harapannya kondusivitas, keamanan dan kenyamanan lingkungan semakin meningkat. Terlebih pengukuhan pengurus Pokdar juga bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2022.

“Semoga dengan pengukuhan Pengurus Pokdar yang baru meningkatkan sinergi bersama antara Pokdar Sub Sektor dengan masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Donan bersama menjaga linkungan yang kondusif menjelang tahun politik yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan Periode 2023-2025 Jasiman mengatakan, pihaknya akan meningkatkan keamanan lingkungan Kelurahan Donan, serta meningkatkan peran di berbagai kegiatan sosial masyarakat.

“Untuk program jangka pendek tentunya meningkatkan keamanan di wilayah Donan dan sekitarnya, serta membantu pengawalan pemakaman warga Donan yang meninggal dunia. Kami berharap anggota Pokdar dan masyarakat terus kompak,” ujarnya.

Sebagai bentuk syukur, usai acara pengukuhan dilakukan syukuran dengan pemotongan tumpeng oleh pengurus Pokdar dan tamu undangan yang hadir dalam pengukuhan tersebut.

Syukuran tumpengan Pokdar Kamtibmas Sub Sektor Donan Periode 2023-2025 usai pengukuhan di Aula Kelurahan Donan, Kamis (10/11/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)

Berita Terpopuler

Berita Terkini