Selasa, 24 Mei 2022

Jalur Kutabawa-Karangreja Purbalingga, Masuk Program Prioritas Perbaikan Tahun Ini

Jalur Kutabawa-Karangreja Purbalingga, Masuk Program Prioritas Perbaikan Tahun Ini

Satu lagi ruas jalan yang akan mendapatkan penanganan di awal 2022 ini. Jalan penghubung Karangreja-Kutabawa, akan dilakukan pelapisan aspal atau overlay sepanjang 2kilometer. Pemerintah melalui dan alokasi khusus, telah menganggarkan senilai Rp 2 miliar.


Purbalingga, serayunews.com

Sejumlah ruas jalan si Kabupaten Purbalingga, rusak. Hal itu diperparah dengan curah hujan saat ini yang relatif tinggi. Satu di antaranya yakni ruas jalan Kutabawa – Karangreja. Beberapa di antaranya, akan segera ditangani dalam waktu dekat ini.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga, Tri Wibowo SE mengungkapkan, ruas jalan Kutabawa – Karangreja sudah masuk daftar jalan yang akan diperbaiki. Perbaikan akan dilakukan pada awal tahun 2022 ini. Proyek pengerjaan, sudah masuk di bagian pelelangan.

Baca juga  PMK Ditemukan di Banjarnegara, Plh Bupati: Tidak Menular pada Manusia

“Untuk overlay Karangreja – Kutabawa ini kami telah menganggarkan sebesar Rp 2 miliar dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Reguler,” katanya.

Jalan ini termasuk jalur prioritas untuk dilakukan penanganan. Pasalnya selain sebagai jalur wisata, jalur Kutabawa-Karangreja kerap dimanfaatkan untuk mengangkut hasil perkebunan. “Akan ditangani sepanjang 2 kilometer dengan lapis tambah aspal atau overlay, ” ujarnya.

Sebelumnya kondisi jalan Kutabawa – Karangreja sudah dilakukan pelebaran. Namun sampai saat ini memang belum dilakukan pelapisan aspal. Sehingga nanti dalam penanganannya akan dilakukan overlay.

“Ini hanya untuk menyelesaikan jalan yang sudah dilebarkan namun belum dilakukan overlay atau pelapisan aspal,” kata Bowo.

Baca juga  Sekda Cilacap, Minta Hubungan Baik Pemkab dengan Wartawan Terus Dijaga

Jalur ini cukup penting sebagai akses menuju objek wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga) dan objek wisata lain di lereng Gunung Slamet. Prioritas penanganan kali ini mulai dari Desa Siwarak hingga STA (Sub Terminal Agrobisnis) Kutabawa yang berbatasan dengan Pemalang.

Tidak hanya ruas jalan ini, Ia juga memastikan jalan kabupaten mulai dari Sangkanayu – Kutabawa termasuk Kutabawa – Bambangan juga akan ditangani tahun ini agar dalam kondisi baik.

Ia berharap dengan diperbaikinya jalan ini, nantinya bisa menarik lebih banyak kunjungan wisata. Selain itu juga memperlancar kegiatan ekonomi khususnya distribusi produk pertanian sayur sebagai komoditas daerah Kecamatan Karangreja termasuk ke Kabupaten Pemalang.

Baca juga  Sapma PP Purbalingga Bagikan 1000 Takjil Gratis di Ramadan Berkah

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purbalingga, Wahyu Prasetiyono SIP mengungkapkan, lelang kegiatan pemeliharaan berkala jalan Karangreja – Kutabawa sudah ditayangkan di LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik).

“Pengumuman lelang sudah mulai ditayangkan, harapannya satu bulan kemudian sudah ada pemenang lelang, kemungkinan setelah lebaran mulai dikerjakan,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini