Jumat, 12 Agustus 2022

Jangan Keliru! Tiga Desa di Banyumas Ini Memiliki Nama yang Sama

Potret plang SD Negeri 1 Sokawera di Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. (kholil)

Ada daerah yang memiliki nama sama. Hal itu membuat kita harus bisa mengetahui lebih rinci. Fenomena nama sama ini juga ada pada tiga desa di Kabupaten Banyumas. Jika tidak tanya rinci, Anda bisa keliru.


Banyumas, serayunews.com

Ada tiga desa di tiga kecamatan yang berbeda, memiliki nama identik. Nama itu adalah Sokawera. Nama Sokawera pertama adalah nama desa di Kecamatan Cilongok. Desa Sokawera Kecamatan Cilongok ada di sebelah utara Purwokerto. Jarak Purwokerto dengan Desa Sokawera Kecamatan Cilongok sekitar 18,5 Km.

Baca juga  Komandan Tempur, Semangat Baru DPC PDIP Banyumas Capai Target Maksimal

Nama Sokawera kedua adalah di Kecamatan Somagede. Desa Sokawera ini dilalui oleh kendaraan jalur Banyumas-Banjarnegara. Desa Sokawera ada di sebelah timur Alun-alun Kecamatan Banyumas. Ingat ya, Alun-alun Kecamatan Banyumas, bukan Alun-alun Purwokerto. Adapun Kecamatan Somagede, tentu saja ada di selatan Purwokerto. Jarak Purwokerto ke Sokawera Somagede kisaran 18,4 Km.

Nama Sokawera ketiga adalah nama desa di Kecamatan Patikraja. Sebenarnya nama administratif dari Sokawera Patikraja ini adalah Sokawera Kidul. Namun, banyak orang tidak menyebutkan kata “Kidul”.

Bahkan gedung SD pun ditulis hanya Sokawera. Sehingga, Sokawera Kidul sering disebut “Sokawera” saja. Sokawera Kidul di Patikraja ini berjarak 10,6 Km sebelah selatan Purwokerto. “Warga biasanya tidak menyebut nama Kidulnya. Hanya Sokawera saja,” kata Ningsih warga Patikraja.

Baca juga  Wacana Pemindahan Pedagang ke Jalan Bung Karno Purwokerto Ditolak PKL Alun-alun, Ini Alasannya

Jadi bagi Anda yang mendengar kata “Sokawera” di Banyumas, maka itu bukan nama satu tempat. Ada tiga tempat alias desa yang berbeda. Jangan sampai keliru ya.

Berita Terkait

Berita Terkini