Sabtu, 13 Agustus 2022

Januari, Waspada Hujan Deras disertai Petir di Cilacap

CILACAP,SERAYUNEWS-Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap memprakirakan, hujan lebat disertai petir masih akan terjadi hingga akhir Januari. Masyarakat diminta tetap waspada akan kondisi cuaca tersebut, serta potensi bencana yang ada

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo menjelaskan, Hujan dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin ini akan berlangsung sampai akhir Bulan Januari ini. Terutama di wilayah barat Cilacap, intensitas hujan akan tinggi. Sementara wilayah lain di Kabupaten Cilacap hujan akan merata.

“Di wilayah selatan hujan dimulai sejak November lalu, sedangkan untuk wilayah barat saat ini masih puncak musim hujan. Pada Januari ini intensitas hujan antara 300-500 mm/bulan. Kategorinya hujan intensitas tinggi. ” jelasnya, Senin (9/1/2017).

Baca juga  Kecelakaan Maut, Pemotor di Kemangkon Purbalingga Tewas Tabrak Truk Tronton Parkir

Masyarakat di wilayah Barat Cilacap, kata dia, terutama dengan adanya tanah longsor. Pasalnya, akibat hujan sudah terjadi dari beberapa bulan lalu, kandungan air didalam tanah semakin banyak dan berat. Termasuk juga bencana yang terjadi akibat limpahan air hujan, diantaranya banjir. Selain itu juga masih ada potensi angin puting beliung.

“Hujan yang terjadi ini, waktunya bervariatif, mulai dari sore hari, malam dan bahkan pagi hari. Karena menurut Teguh, saat ini masih musim penghujan, sehingga tidak menentu,” pungkasnya.(adi)

Berita Terkait

Berita Terkini