Sabtu, 13 Agustus 2022

Jelang 1 Suro, Warga Brayut Banjarnegara Gelar Merti Dusun

Prosesi Merti Dusun oleh Warga Dusun Brayut, Desa Gembongan, Kecamatan Sigaluh

Ada berbagai bentuk rasa syukur terhadap sang kuasa dalam menyambut malam 1 Muharram (Suro). Salah satunya seperti aktivitas sejumlah warga Dusun Brayut, Desa Gembongan, Kecamatan Sigaluh. Warga menggelar Merti Dusun dengan kirab gunungan dan pentas budaya.


Banjarnegara, serayunews.com

Pentas budaya dan kirab gunungan ini sebagai bentuk rasa syukur pada sang kuasa dalam menyambut malam 1 Suro. Tak hanya itu, kegiatan Merti ini mulai dengan kirab gunungan dengan peserta seluruh warga Dusun Brayut. Penutupan acara adalah  doa bersama, serta makan bersama di jalan utama dusun tersebut.

Baca juga  Musim Hajatan di Banjarnegara, Indagkop Terus Pantau Perkembangan Kenaikan Harga

Ketua panitia kegiatan, Pujiono mengatakan, kegiatan Merti Dusun ini merupakan satu tradisi warga dalam menyambut 1 Muharrram. Tradisi ini sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat dari sang pencipta terhadap hasil bumi serta kerukunan sesama warga.

“Ini wujud rasa syukur, dan tradisi ini sudah turun temurun dalam menyambut tahun baru Islam atau malam 1 Syuro,” katanya.

Prosesi Merti Dusun oleh warga Dusun Brayut, Desa Gembongan, Kecamatan Sigaluh

Menurutnya, dalam kegiatan ini seluruh warga juga mengenakan pakaian tradisional. Tak hanya itu, makan bersama di jalanan juga menjadi bagian dari ritual Merti dusun sekaligus lebih mengakrabkan sesama warga.

Baca juga  Dinilai Potensial, Sektor Pertanian Banjarnegara Didorong Mampu Entaskan Kemiskinan

Camat Sigaluh, Izak Danial Aloiyus mengatakan, budaya Merti dusun ini merupakan kegiatan positif dan bentuk ungkapan syukur masyarakat, terhadap sang pencipta. Sehingga tradisi ini, hendaknya terus dilestarikan sebagai upaya menjaga dan melestarikan budaya leluhur.

“Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan ini, tidak hanya ungkapan syukur, tetapi ada kerukunan dan kebersamaan masyarakat dusun dalam kegiatan ini. Termasuk, kebersamaan dalam menikmati hidangan di jalanan,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini