Kamis, 1 Desember 2022

Jepang Gebuk Jerman karena Strategi Jitu Pergantian Pemain

Trofi Piala Dunia. gambar: 3D Animation Production Company dari Pixabay

Jepang mengulang cerita Arab Saudi. Kedua tim mengalahkan para kandidat juara setelah tertinggal 0-1 lebih dahulu melalui tendangan penalti. Jika Arab Saudi mengalahkan Argentina 2-1, maka Jepang mengalahkan Jerman 2-1, Rabu (23/11/2022).

Jepang tertinggal lebih dahulu di menit 33 melalui tendangan penalti Ilkay Gundogan. Di babak pertama Jepang terkurung habis. Mereka tak bisa mengembangkan permainan. Namun kemudian cerita berubah ketika pelatih Jepang Hajime Moriyasu melakukan pergantian pemain.

Takuma Asano masuk di menit 57. Masuknya Asano memberi asa bagi Jepang. Buktinya di menit 73 Asano memiliki peluang bagus mencetak gol. Sayangnya tendangannya ditepis kiper Jerman Manuel Neuer.

Pergantian pemain selanjutnya adalah Ritsu Doan menit 71 dan Takumi Minamimo menit 74. Semenit setelah masuk ke lapangan, Minamino memberi umpan ke tengah. Bola sempat dihalau kemudian dieksekusi Doan dengan sempurna.

Lalu di menit 83, Takuma Asano dengan kecepatannya menjebol gawang Jerman. Sampai laga berakhir kedudukan tetap 2-1 untuk Jepang.

Tak pelak, strategi Moriyasu telah mengubah cerita. Khususnya ketika dia memasukkan Asano. Asano adalah pemain Bochum. Setidaknya dia paham dengan permainan para pemain Jerman yang ada di Bundesliga.

Di sisi lain, kegagalan Jerman mendapatkan poin di laga perdana juga karena mereka tak mampu memanfaatkan banyak peluang yang didapatkan.

Jepang kini memuncaki klasemen sementara grup E dengan tiga poin dari satu laga. Sementara, Jerman ada di posisi bawah dengan nol poin dari satu laga.

Berita Terpopuler

Berita Terkini