Minggu, 28 November 2021

Kabar Baik, Saat Ini Hanya 15 Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas

Kepala Dinkes Kabupaten Banyumas, Sadiyanto (Hermiana)

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas terus mengalami penurunan. Saat ini tersisa tinggal 15 kasus positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, hanya 6 orang yang menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS), lainnya hanya melakukan isolasi.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, jumlah pasien Covid-19 terus menurun dan prosentase kesembuhannya juga meningkat. Hal tersebut karena adanya peningkatan akses pemeriksaan Covid-19, yaitu swab antigen dan swab PCR, sehingga masyarakat bisa dengan cepat mendapatkan penegakan diagnosa Covid-19 dan juga segera mendapatkan penanganan secara tepat dan cepat.

“Saat ini tinggal 15 orang yang positif Covid-19,  6 orang dirawat di rumah sakit, 6 orang isolasi mandiri dan 3 orang berada di rumah karantina (RK),” jelas Kadinkes, Rabu (17/11).

Sadiyanto menyebut, pemahaman masyarakat terkait Covid-19 dan prosedur penaganan juga meningkat, sehingga bila ada keluhan langsung berinisiatif memeriksakan diri dan segera mendapatkan penanganan medis.

Sementara itu, dari data Dinkes Kabupaten Banyumas, hingga memasuki pertengah bulan November ini, terdapat 35 kasus penambahan kasus positif baru. Jumlah tersebut jauh lebih menurun dibandingkan bulan Oktober, dimana selama satu bulan terdapat 144 kasus positif baru dan pada bulan September bahkan sampai 773 kasus positif baru.

“Gencarnya vaksinasi sangat efektif untuk mencegah penularan kasus baru dan vaksinasi kita sekarang sudah mencapai 67,2 persen. Dari total target capaian 1.398.427 orang, saat ini sebanyak 940.181 orang sudah divaksin,” terang Sadiyanto.

Selain vaksinasi, faktor pencegahan lain yang juga cukup dominan adalah penerapan protokol kesehatan yang masih dipegang oleh sebagian besar masyarakat Banyumas. Dimana memakai masker sudah menjadi bagian dari gaya hidup sekarang ini, termasuk mencuci tangan serta menjaga jarak. Masyarakat Banyumas sudah memahami akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam semua aktivitas mereka.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini