Sabtu, 29 Januari 2022

Kabar Baik, Saat Ini Hanya Tersisa 6 Kasus Positif Covid-19 di Banyumas

Bupati Banyumas, Achmad Husein (Foto : Hermiana)

Hingga akhir bulan November ini, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas tersisa 6 orang. Dan angka positivy rate pe rminggu sudah menurun menjadi 0,2 persen per minggu, begitupun dengan angka reproduksi yang hanya 0,76 persen.


Purwokerto, serayunews.com

Bupati Banyumas, Achmad Husein menyampaikan, dari enam kasus positif Covid-19 yang tersisa, tiga diantaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit dan tiga lainnya menjalani isolasi di rumah karantina (RK).

“Dalam enam hari terakhir ada penambahan 6 kasus positif baru, sehingga sampai hari ini masih ada 6 kasus positif Covid-19 di Banyumas,” kata Bupati, Selasa (30/11).

Baca juga  Percepatan Vaksinasi di Cilacap Diapresiasi Irwasum Polri

Berkaca pada kondisi tersebut, Husein mengatakan, fakta menunjukan bahwa Covid-19 masih ada dan potensi penularannya juga masih terbuka. Sehingga ia berharap, masyarakat tidak menjadi kendor dalam peneraparn protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Faktanya Covid-19 masih ada, kemarin hari Senin (19/11), ada penambahan tiga kasus positif baru. Artinya kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan,” ucapnya.

Meskipun saat ini cakupan vaksinasi di Kabupaten Banyumas sudah menjangkau 73  persen dan melebihi target yang ditentukan pemerintah pusat yaitu 70 persen, namun Bupati meminta masyarakat Banyumas untuk tidak menjadi lengah dan mengabaikan prokes.

Baca juga  Tuntaskan Perkara Pidana dengan Restorative Justice, Kejari Cilacap Berikan Penghargaan kepada Penyidik Kepolisian

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes), sampai dengan saat ini dari total target vaksin 1.398.427 penduduk, yang sudah tervaksin sebanyak 1.021.341 orang atau sudah 73 persen.

Sedangkan vaksinasi untuk kalangan lansia sudah menjangkau 124.368 orang atau 64,07 persen dari total target vaksin lansia sebanyak 194.112 orang. Berdasarkan data jangkauan vaksin serta penambahan kasus positif baru, Kabupaten Banyumas seharusnya sudah turun ke level1 , namun sampai dengan Selasa siang ini, status Banyumas masih pada level 2.

“Kita tunggu saja nanti evaluasi terbaru dari pemerintah pusat, mudah-mudahan Banyumas sudah turun ke level 1,” katanya.

Baca juga  Begini Detik-detik Evakuasi 3 Korban Terjepit Truk Tangki Maut di Maos Cilacap yang Berlangsung Dramatis

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini