Rabu, 5 Oktober 2022

Kadin Banjarnegara dan Kadin Jakarta Utara, Kerjasama Pemasaran Produk Pertanian dan Sektor Pariwisata

Kadin Banjarnegara dan Kadin Jakarta Utara, Kerjasama Pemasaran Produk Pertanian dan Sektor Pariwisata, Senin (15/8/2022). (Dok Kadin Banjarnegara)

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banjarnegara menjalin kerjasama, dengan Kadin Jakarta Utara (Jakut). Hal itu sebagai sinergitas peningkatan ekonomi di bidang pertanian, pariwisata, dan ekonomi kecil.


Banjarnegara, serayunews.com

Jalinan kerjasama antara Kadin Jakarta Utara dengan Kadin Banjarnegara ini, lebih fokus pada peningkatan ekonomi kerakyatan. Hal itu mulai dari pertanian khususnya ketahanan pangan, UMKM, Industri kecil dan pariwisata.

Ketau Kadin Banjarnegara, Akhmad Fajar mengatakan, jalinan kerjasama ini sekaligus membuka peluang bagi para pelaku usaha kecil di Banjarnegara untuk bangkit. Kerjasama ini juga sekaligus membuka pasar untuk produk Banjarnegara, masuk ke wilayah Jakarta Utara.

“Untuk produk mocaf, kita langsung melakukan MoU. Sementara bidang lain, masih dalam kajian. Hal ini tentu akan saling menguntungkan, sebab wilayah Jakarta utara membutuhkan banyak pasokan, sementara kita membutuhkan pasar. Sehingga, ini kerjasama yang pas dan saling membutuhkan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam bidang pertanian khususnya ketahanan pangan, Kadin Jakarta Utara juga sudah melakukan survei bahan baku serta potensi yang ada di Banjarnegara. Bahkan pasar di wilayah Jakarta, masih terbuka lebar untuk produk lokal Banjarnegara, termasuk pertanian organik dan aneka jenis hasil bumi lainnya.

Tak hanya itu, pada sektor pariwisata, Kadin Jakut juga akan membantu pemasaran kunjungan wisata ke Banjarnegara. Sebab, wilayah Banjarnegara sangat cocok untuk menjadi pilihan berlibur warga ibu kota. Apalagi Banjarnegara memiliki banyak potensi wisata alam, dan itu yang menjadi perburuan para pelancong dari Jakarta dan sekitarnya.

“Dengan kerjasama ini, kami sangat optimistis ekonomi kerakyatan di Banjarnegara akan bangkit. Kami akan terus melakukan komunikasi dengan daerah lain untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat Pandemi Covid 19,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini