Selasa, 7 Februari 2023

Kantor Kemenag Cilacap Buka Rekrutmen Petugas Haji 2023

 

Kolase foto acara rekrutmen Petugas Haji 2023 Cilacap. Seleksi dilakukan dengan CAT, Rabu (25/1/2023). (Dok Kankemenag Cilacap).

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap membuka rekrutmen Petugas Haji Tahun 2023. Pada tahap ini, seleksi dilakukan berbasis CAT (Computer Assisted Test) diikuti oleh puluhan peserta.


Cilacap, serayunews.com

Rekrutmen Petugas Haji Tahun 2023 Cilacap dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap Imam Tobroni di Aula Pusat Layanan Haji dan Umroh Kankemenag Cilacap, Rabu (25/1/2023).

“Rekrutmen diikuti sebanyak 39 peserta. Peserta terbagi dalam sejumlah kategori, yaitu untuk Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan PPIH Kloter dengan memakai sistem CAT melalui android masing-masing,” ujarnya.

Imam mengatakan, atusias peserta yang mengikuti seleksi Petugas Haji terbilang tinggi, karena seleksi dilakukan secara terbuka. Adapun untuk tahapan seleksinya dimulai dengan seleksi administrasi.

“Setelah lengkap administrasi, peserta mengikuti seleksi CAT, dan besok wawancara. Peserta yang meraih nilai terbaik di setiap kategori atau bidang rekrutmen akan mengikuti CAT tingkat Kanwil Jawa Tengah,” terangnya.

Imam menambahkan, para peserta diutamakan memiliki sertifikat bahasa, baik bahasa arab maupun bahasa inggris. Selain bahasa asing, sejumlah materi yang perlu dikuasai peserta di antaranya tentang pengetahuan ibadah haji.

“Seorang petugas haji harus memiliki niat melayani bukan niat haji secara pribadi,” imbuhnya.

Sedangkan disinggung soal kuota jamaah haji Kabupaten Cilacap, Imam menyebut masih menunggu ketetapan dan surat resmi dari Pemerintah. Namun berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kuota Cilacap disebut termasuk banyak di Jawa Tengah.

Editor :Kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini