Jumat, 9 Desember 2022

Kejutan  Dua “Tim Gurem” Asia Menaklukkan Kesebelasan Juara Dunia

Trofi Piala Dunia. gambar: 3D Animation Production Company dari Pixabay

Sepakbola memang selalu menyajikan drama. Begitu pula yang terjadi di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.  Drama itu terjadi dalam dua pertandingan yang dijalani  dua “Tim Gurem” dari Asia, masing-masing Arab Saudi dan Jepang.  Kedua tim non unggulan tersebut mampu menaklukkan lawan-lawannya, masing-masing Argentina dan Jerman yang notabene adalah kesebelasan yang pernah merengkuh juara dunia sepakbola.

Arab Saudi bertanding melawan Argentina di babak penyisihan grup  C di stadion Lusail,Doha, Qatar, Selasa (22/11/2022) sore. Secara statistik, kedua tim ibarat bumi dan langit. Argentina yang mampu menjadi juara dunia dua kali di tahun 1978 dan 1986  berada di peringkat kedua FIFA. Sedangkan Arab Saudi yang berjuluk tim “Alap-Alap Arab” hanya berada di peringkat 51.

Dalam empat kali pertemuan sebelumnya, Arab Saudi juga belum pernah mengalahkan tim Tango.   Argentina mampu menang dua kali dari Arab Saudi dan dua laga lainnya menghasilkan hasil imbang.  Namun sepakbola memang bukan matematika.  Arab Saudi yang dibesut pelatih Herve Renard mampu membalikkan keadaan. Ketangguhan strategi jebakan offside mampu membuat Lionel Messi dkk frustasi. Arab Saudi  mampu menang 2-1 atas Argentina, sekaligus membuat kejutan perdana di Piala Dunia yang digelar untuk ke 22 kalinya.

Kejutan yang dilakukan tim Asia kembali terjadi saat Jepang menantang Jerman di pertandingan babak penyisihan  Grup E di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/2022) malam.  Jerman sang juara dunia empat kali (1954, 1974, 1990 dan 2014)  dibayangi trauma kekalahan atas tim Asia yaitu Korea Selatan di babak penyisihan putaran final Piala Dunia Rusia tahun 2018. Ternyata tim berjuluk Der Panser itu juga  mengalami nasib serupa di Piala Dunia Qatar.

Unggul satu gol di babak pertama tak membuat anak asuhan pelatih Hansi Flick tenang. Terbukti di babak kedua, tim samurai biru mampu mencetak dua gol melalui Ritsu Doan dan Takuma Asano. Sejak awal, pemain Jerman memang was-was dengan kekuatan Jepang.  Jepang memiliki kekuatan di kombinasi bakat individu  dalam kerangka kerja sama yang kuat. Jepang akhirnya keluar sebagai pemenang, sedangkan Jerman kembali mengulangi sejarah buruk dengan tumbang ditangan tim Asia di babak penyisihan putaran final Piala Dunia.

Menarik ditunggu, akankah kejutan tim Asia kembali akan terjadi di Piala Dunia kali ini. Masih ada satu tim Asia yaitu Korea Selatan yang berada di Grup H yang belum bertanding. Tim Negeri Ginseng ini akan menantang kesebelasan Uruguay yang juga pernah menjadi juara dunia pada 24 November mendatang.  Akankah tim berjuluk Ksatria Taeguk juga akan membuat kejutan seperti Arab Saudi dan Jepang.

Berita Terpopuler

Berita Terkini