Sabtu, 2 Juli 2022

Kemana Aliran Uang Belasan Juta Hasil Lelang Barang Bukti oleh Kejaksaan Purbalingga? Ini Penjelasannya

Kemana Aliran Uang Belasan Juta Hasil Lelang Barang Bukti oleh Kejaksaan Purbalingga? Ini Penjelasannya

Kejaksaan Negeri (Kejari) Purbalingga melaksanakan lelang puluhan handphone, Rabu (23/03/2022). Barang tersebut, merupakan barang bukti hasil sitaan dari sejumlah perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Selanjutnya, uang hasil lelang akan dikembalikan ke negara.


Purbalingga, serayunews.com

Ada puluhan handphone berbagai merek dan tipe, dan dua unit sepeda motor yang dilelang. Pelelangan dilakukan dengan sistem terbuka dan langsung. Hasil lelang diperoleh uang belasan juta rupiah. Selanjutnya, uang tersebut disetorkan kepada Kas Negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pakak (PNPB) Kejaksaan Negeri Purbalingga.

Baca juga  Kurir Narkoba Bawa Sabu Senilai Rp10 Juta di Kroya Cilacap, Kemudian Dibekuk BNN

“Hasil pelelangan terhadap barang rampasan diperoleh nilai total sebesar Rp. 15.160.000,- nantinya uang tersebut disetorkan kepada Kas Negara sebagai PNBP, ” kata Kasi Intel Kejari Purbalingga, Bambang Wahyu Wardhana, Rabu petang.

Barang yang dilelang merupakan barang bukti tindak pidana yang di putus Pengadilan dan telah berkekuatan hukum tetap, yang mana amar putusannya dirampas untuk negara. “Jadi itu barang bukti berbagai tindak kejahatan yang ditangani Kejaksaan Purbalingga, dan sudah berkekuatan hukum tetap,” katanya.

Dijelaskan, ada belasan peserta lelang. Pelaksanaan lelang, dilaksanakan secara langsung dan terbuka. Peserta lelang mengetahui langsung kondisi barang yang dilelang dan menawar barang tersebut kepada panitia lelang. Kemudian akan diambil satu pemenang yang menawar harga tertinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini