Selasa, 24 Mei 2022

Kerawanan Komplit! Berlubang, Bergelombang, dan Minim Penerangan, Jalan Raya Grecol Purbalingga Memakan Korban

Sejumlah pengendara melintas di jalan raya Perintis, masuk wilayah Desa Grecol Kabupaten Purbalingga, Selasa (18/01/2022) sore. (Foto / Amin Wahyudi)

Sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Purbalingga dalam kondisi rusak. Kerusakan berupa lubang-lubang jalan dan atau bergelombang. Satu di antara potret jalan rusak itu di ruas jalan Perintis, Grecol-Kalimanah. Kondisi itu telah memakan korban kecelakaan.


Purbalingga, serayunews.com

Beberapa bulan terakhir ini, sejumlah ruas jalan di Purbalingga yang dalam kondisi rusak. Selain di wilayah Grecol-Kalimanah, sepanjang jalur Padamara-Purbalingga juga terdapat puluhan lubang jalan. Kondisi tersebut sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Baca juga  Sapma PP Purbalingga Bagikan 1000 Takjil Gratis di Ramadan Berkah

Puluhan lubang juga terdapat di ruas jalan Grecol. Diameter dan kedalaman bervariatif, mulai dari lebar 20 cm sampai 1 meter. Sedangkan kedalam ada yang sampai sekitar 20 cm. Bahkan, di jalur Grecol sudah sempat memakan korban. Kondisi diperparah dengan penerangan yang minim di lokasi tersebut.

Seperti dialami oleh Bayu Kusuma, warga Grecol. Kamis (13/01/2022) lalu, saat malam hari sepulang dia bekerja, dia mengalami kecelakaan. Meskipun hampir setiap hari melalui jalan tersebut, tidak menjamin dia bisa melewati rintangan yang ada.

“Saya sudah enam hari tidak masuk kerja, setelah jatuh saat pulang kerja,” kata Kusuma, Rabu (19/01/2022).

Baca juga  Lima Kasus Lakalantas Terjadi di Purbalingga Selama Operasi Ketupat Candi Tahun 2022

Dia menceritakan, kronologi kecelakaan berawal saat pulang kerja, arah dari Sokaraja. Ketika melintas di jalan Perintis, dimana banyak terdapat lubang dan kondisi bergelombang. Pada satu titik, dia sempat mencoba menghindari lubang, namun justru terjebak di lubang depannya.

“Saat meliuk-liuk menghindari lubang jalan, ban depan masuk lobang, dan karena licin akhirnya terjatuh,” katanya.

Kusuma juga menyampaikan, bahwa di sepanjang ruas jalan itu memang ada lampu penerangan jalan umum (LPJU). Namun, tidak sedikit yang mati, sehingga penerangan minim. “Lampu LPJU memang ada, tapi sering tidak nyala. Kalau lewat jalan sawah Kalimanah juga agak ngeri, sudah sering ada cerita begal dan horor,” ujarnya.

Baca juga  Kecelakaan! Mikrobus Pembawa Rombongan Lamaran Terguling di Bayeman Purbalingga, Tiga Orang Luka

Di sosial media facabook lima hari lalu, juga ada postingan seorang ibu yang baru saja mengalami kecelakaan di jalan Grecol. Faktor penyebabnya juga sama, yakni jatuh saat menghindari lubang jalan. Beruntung dia dan anaknya tidak mengalami luka yang serius.

“Anu dari barat, karena ada truk jadi minggir dan menghindari lobang, tapi malah jatuh,” ujar korban dalam vidio yang di unggah grup facebook Suara Purbalingga.

Berita Terkait

Berita Terkini