Senin, 5 Desember 2022

Ketika Fasilitas Umum Belum Ramah Difabel, DPRD Banyumas: Kami Akan Perjuangkan!

Ilustrasi disabilitas. (Sumber SGENET/pixabay.com)

Beberapa waktu lalu, komunitas difabel Kabupaten Banyumas menyoroti masih banyak fasilitas milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas yang kurang ramah difabel. Keluhan itu disampaikan perwakilan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Banyumas.


Purwokerto, serayunews.com

Beberapa waktu lalu, Ketua PPDI Kabupaten Banyumas, David Kurniawan menyampaikan, perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas masih sangat rendah bagi para penyandang disabilitas.

Kurangnya tiang yang berada di tempat parkir kursi roda untuk para penyandang disabilitas, menjadi contoh yang sempat dikeluhkan.

Selain itu, masih banyak juga beberapa tempat di perkantoran yang tidak menyediakan layanan khusus difabel.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi 4 DPRD Banyumas, Mustofa, berharap ke depannya ada komunikasi lebih lanjut terkait pembangunan, terutama untuk memfasilitasi kelompok difabel.

Mustofa mengaku, akan menyampaikan keluh kesah kelompok difabel kepada Pemda. Dia juga mengakui, saat ini fasilitas bagi difabel memang masih belum terpenuhi secara maksimal di lingkungan Pemkab Banyumas.

“Kami akan perjuangkan, tentunya agar mempermudah proses kehidupan mereka. Akan kami coba cek kembali ke pemerintah, dalam hal ini dinas terkait yang membidangi fasilitas kelompok difabel,” kata dia.

Mustofa mengatakan, pihaknya siap menerima aspirasi terkait persoalan pemenuhan fasilitas bagi kelompok difabel di Banyumas.

Ia juga mendukung jika dalam pembangunan proyek fasilitas untuk difabel, komunitas ataupun penyandang difabel untuk turut dilibatkan. Sehingga, proyek pembangunannya bisa lebih maksimal.

“Mereka yang tahu persis, seperti apa kebutuhannya. Maka komunikasi sangat penting, tidak mungkin semua terpenuhi jika tidak ada komunikasi,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini