Korsleting Listrik, Rumah Warga di Karanggedang Cilacap Kebakaran

Kondisi rumah warga di Desa Karanggedang Sidareja Cilacap yang terbakar hingga menghanguskan perabotan rumah tangga, diduga penyebabnya berasal dari korsleting listrik, Sabtu (12/2/2023). (Dok UPT Damkar Cilacap)

Sebuah rumah warga di Desa Karaggedang Kecamatan Sidareja Cilacap kebakaran pada Sabtu malam (11/2/2023). Kebakaran terjadi saat pemilik rumah sedang beribadah salat Maghrib di masjid. Dugaannya penyebab kebakaran karena korsleting listrik.


Sidareja, serayunews.com

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi pada Sabtu malam kisaran pukul 18.20 WIB. Kebakaran menimpa rumah milik Arjo Suwito (57). Rumah itu beralamat di Dusun Karanggedang RT 02 RW 05 Desa Karanggedang Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap.

“Pada hari Sabtu sekitar pukul 18.20 WIB pemilik rumah  sedang melaksanakan salat Maghrib di masjid. Lalu saksi mata (Sugiman) yang sedang memperbaiki pipa air di samping rumah melihat rumah korban terdapat asap pekat,” ujar Supriyadi, Minggu (12/2/2023).

Melihat kejadian tersebut, Sugiman langsung berlari membuka pintu dan melihat kobaran api sudah besar di ruang tamu. Saat itu, kobaran api juga sudah membakar sejumlah perabotan di dalamnya.

“Posisi api sudah membakar sofa, kemudian berteriak meminta tolong sambil mengambil air dan membantu memadamkan api. Kemudian warga berdatangan membantu memadamkan api dengan alat seadanya, dan api dapat padam beberapa menit kemudian,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun korban alami kerugian metarial seperti sofa, almari dan perabotan lain hangus terbakar.  Taksiran kerugian sekitar Rp15 juta. Diduga penyebabnya dari korsleting listrik.

Sementara itu, petugas damkar dan perangkat desa melakukan pendataan serta sosialisasikan nomor damkar dan aplikasi Satkartaru Siap.

Editor :kholil

Berita Terkait

Berita Terkini