Senin, 23 Mei 2022

Korupsi Kas Daerah, Eks Bupati Cilacap Serahkan Uang Pengganti Rp6,88 Miliar ke Kejari

Kepala Kejari Cilacap Sunarko dan Kasi Pidsus Sonang Simanjuntak saat menerima penyerahan uang pengganti kasus korupsi mantan Bupati Cilacap (Kejari Cilacap)
Mantan Bupati Cilacap Probo Yulastoro melalui penasihat hukumnya menyerahkan uang pengganti Rp6,88 miliar ke Kejari Cilacap, Senin (28/3/2022) siang. Penyerahan uang tersebut berdasarkan putusan pengadilan terkait kasus korupsi yang menjerat Probo.

Cilacap, serayunews.com

Diketahui, Probo telah divonis bersalah dalam kasus korupsi dana kas daerah Cilacap 2006. Vonis dijatuhkan hakim Pengadilan Tipikor Semarang pada tahun 2018 lalu. Saat itu, Probo divonis 7 tahun penjara, membayar uang pengganti Rp7,88 miliar, dan membayar denda Rp200 juta.

Baca juga  Lebaran Hari Kedua, Objek Wisata di Purbalingga Mulai Diserbu Pengunjung

Pada 28 Januari 2021, Probo telah membayar denda Rp200 juta. Pada 21 Maret 2021, Probo membayar uang pengganti Rp1 miliar.

“Bahwa dengan telah dibayarkan uang pengganti hari ini sebesar Rp6,88 miliar tersebut, sehingga uang pengganti sebesar Rp7,88 miliar sesuai putusan pengadilan telah dibayarkan seluruhnya atau lunas,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Cilacap, Sonang Simanjutak, Senin (28/3/2022).

Sonang mengatakan, Kejari Cilacap hanya sebagai perantara resmi yang menerima pengembalian uang kerugian negara tersebut. Pengembalian uang tersebut juga bentuk kepatuhan hukum dari Probo.

Baca juga  Dari Banjarnegara Menuju Prestasi Dunia, Tiga Putra Daerah Perkuat Indonesia di Sea Games Vietnam

Penyerahan uang pengganti dilakukan oleh dua penasihat hukum Probo yakni Bambang Sri Wahono dan Guyub Bekti Basuki di kantor Kejari Cilacap, Senin (28/3/2022). Acara penyerahan uang negara yang masuk dalam penerimaan negara bukan pajak (PNBP) tersebut, diterima langsung oleh Kepala Kejari Cilacap Sunarko yang juga disaksikan Kasi Pidsus Sonang Simanjutak dan jaksa lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini