Rabu, 5 Oktober 2022

Kreatif! Bakal Ada BUMDes Jenisnya Rumah Makan, Ini Harapan Bupati Purbalingga

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, meletakan batu pertama pada pembangunan BUMDes di Desa Sokawera, Kecamatan Padamara, Kamis (28/01/2022). (Amin)

Program Gebrak Mbangun Desa kali pertama di tahun 2022, Bupati Purbalingga sambangi Desa Sokawera Kecamatan Padamara. Bupati bersama Ketua DPRD, serta jajarannya melakukan berbagai rangkaian kegiatan. Selain sosialisasi program, pada kesempatan itu Bupati Tiwi meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan Rumah Makan Srotong BUMDes Mutiara Soka di Desa Sokawera.


Purbalingga, serayunews.com

Rumah Makan Srotong BUMDes Mutiara Soka di Desa Sokawera, Kecamatan Padamara nantinya akan jadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Bupati berharap pembangunan Rumah Makan Srotong nantinya berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada Desa Sokawera meski di tengah pandemi covid-19 masih memikirkan terkait BUMDes. BUMDes yang dikembangkan oleh Sokawera khususnya Rumah Makan Srotong nantinya akan fokus pada kuliner.

“Di BUMDes Mutiara Soka ini mengembangkan ayam ungkep yang sudah dijual ke kabupaten-kabupaten lain,” kata Bupati Tiwi, Kamis (27/1/2022).

Tiwi menyampaikan, BUMDes yang sedang dikembangkan akan dibantu pengembangan sekaligus didampingi OPD terkait. Agar nanti ke depan BUMDes bisa maju dan bisa memberdayakan masyarakat di desa.

“Purbalingga punya ratusan BUMDes tapi hanya segelintir yang maju. Ini jadi tugas Dinpermasdes agar BUMDes yang punya potensi dan peluang bisa terus disupport.

Ini harus ada sengkuyung antara Pemerintah Desa dan Pemkab Purbalingga untuk memetakan potensi yang bisa dibuat branding desa panjenengan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menerangkan terkait digitalisasi desa. Ia berharap para Kades bisa mendorong digitalisasi desa.

“Desa harus menyesuaikan, kemudian ciptakan inovasi, munculkan potensi desa, teman-teman harus kreatif. Nanti di akhir tahun akan ada inovasi desa,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini