Jumat, 24 September 2021

Kwarcab Purbalingga Borong Juara, Ini Rinciannya

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sedang memberikan piala. (Amin)

Di tengah segala keterbatasan karena Pandemi, Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga tetap berkarya. Bahkan, karyanya berhasil memborong sejumlah penghargaan. Diantaranya, juara 1 yaitu Duta Humas Pandu Citra Loka Kwarda Jateng 2021. Meski padatnya kegiatan kejuaraan, Kwarcab Purbalingga tetap masih sempat melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan.


Purbalingga, serayunews.com

Ketua Kwarcab Purbalingga Drs Subeno SE MSi mengatakan, di tengah pandemi ini, Kwarcab Purbalingga lebih banyak berkegiatan dalam ‘Pramuka Peduli’. Tetapi bersyukur masih bisa melakukan kegiatan lain, termasuk mengikuti lomba di tingkat Jateng.

“Pramuka Peduli terjun di semua kejadian bencana, termasuk edukasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Mudah-mudahan ini menjadi kontribusi kami dalam rangka mensukseskan penanggulangan Covid-19,” kata Subeno, saat Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 di Pendopo Dipokusumo, Senin (30/08/2021).

Tahun 2021, Kwarcab Purbalingga juga meraih prestasi di tingkat Jawa Tengah. Dari 10 mata lomba tingkat Jawa Tengah, Kwarcab Purbalingga juga mewarnai kemenangan di lima mata lomba kategori. Diantaranya Juara I lomba Podcast kategori Kwarcab, Kwarran Bukateja Juara I dalam mata lomba pengelolaan Website kategori Kwarran. Mata lomba video iklan layanan masyarakat, SMPN 2 Bukateja menjadi peringkat satu dan terfavorit. Sedangkan pengelolaan website Kwarcab Purbalingga menjadi peringkat dua dan Web Kwarran Kejobong menjadi peringkat tiga.

Kwarcab Purbalingga juga telah sukses menyelenggarakan kegiatan Perwira Adventure VIII yang diikuti 264 siswa SMK se-Purbalingga. Adapun yang menjadi Juara I Putra yakni SMKN 1 Purbalingga dan Juara I Putri : SMKN Jateng di Purbalingga.

“Purbalingga bisa berprestasi sangat bagus karena berhasil juara 1 yaitu Duta Humas Pandu Citra Loka Kwarda Jateng 2021 atas nama Ginanjar Noviono, tes nya luar biasa seperti test Puteri Indonesia,” katanya.

Bupati Purbalingga yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengucapkan selamat sekaligus apresiasi yang tinggi atas prestasi yang ditorehkan Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga.

“Mudah-mudahan penghargaan dan prestasi ini tidak membuat kita jumawa, tidak membuat kita berpuas hati. Akan tetapi harapannya prestasi ini bisa menjadi motivasi dan penyemangat kita untuk terus berbuat, berkarya, berprestasi membanggakan Purbalingga,” kata Tiwi.

Pada Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021, Ka Mabicab juga menyampaikan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso. Disampaikan, Tema Hari Pramuka dan Peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah ‘Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional’.

“Gerakan Pramuka memang bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, kegiatan berbakti tersebut dapat dilakukan di mana saja, dimulai dari lingkungan keluarga dan gugusdepan masing – masing, lalu berbakti pula membantu masyarakat. Ia mengajak untuk tidak menyerah dan berputus asa. “Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” imbuhnya.

Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Tahun 2021 di Kabupaten Purbalingga diselenggarakan sesuai protokol kesehatan dengan peserta 50 orang. Pada upacara ini juga diserahkan trofi untuk para pemenang lomba di tingkat Kwarcab pada 2021 ini. Diantaranya juara Pramuka Garuda Berprestasi, Lomba Podcast Pramuka, Lomba Video Pembelajaran Pramuka dan Lomba Menyanyikan Hymne Pramuka dan Lomba Perwira Adventure VIII.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini