Rabu, 5 Oktober 2022

Larungan Jolen Sedekah Laut Cilacap Diawali dengan Upacara Adat

Upacara adat di Pendapa Wijayakusuma Cilacap, Jumat (12/8/2022). (Ulul Azmie)

Tradisi sedekah laut Cilacap kali ini dikemas dalam festival nelayan dengan puncak kegiatan kirab jolen dari Pendapa Wijayakusuma Cilacap, Jumat (12/8/2022). Pada puncak acara ini berawal dengan upacara adat.


Cilacap, serayunews.com

Cuaca langit mendung dan hujan membasahi Kota Cilacap menambah nuansa sejuk gelaran puncak festival nelayan. Festival berpusat di Pendapa Wijayakusuma Cilacap, Jumat pagi (12/8/2022).

Di kompleks Pendapa Wijayakusuma juga nampak berjajar sebanyak 10 jolen dari HNIS dan kelompok nelayan. Kemudian ada satu jolen tunggul dari Bupati Cilacap.

Sebelum jolen itu dilarung ke laut, ada prosesi upacara adat di Pendapa Wijayakusuma Cilacap. Hadit dalam upacara itu Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsu Auliya Rachman, Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat. Hadir juga, Pejabat Forkopimda, Pejabat SKPD, dan sejumlah kelompok nelayan Cilacap.

Pada upacara adat tersebut, Bupati memerintahkan kepada perwakilan kelompok nelayan untuk melaksanakan larung jolen. “Laksonono adat sing wis dadi tradisi, larungo jolen neng laut,” ujar Bupati saat pimpin upacara adat sedekah laut.

Usai upacara adat, jolen diberangkatkan ke Pantai Teluk Penyu Cilacap. Adapun jalur arak-arakan adalah alun-alun Kota Cilacap–Jalan Ahmad Yani–Letjend Sutoyo–Brug Menceng–THR Teluk Penyu Cilacap.

Untuk jolen yang dilarung yakni ber jolen tunggul Bupati Cilacap, HNSI, nelayan PPSC, Pandanarang, Bengawan Donan, Lengkong, Sidakaya, Sentolokawat, Kemiren dan Tegalkatilayu serta dari Alam Lintas Indonesia.

Editor :Kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini