Sabtu, 8 Oktober 2022

Mantap! Seluruh Pelosok Purbalingga Bakal Mendapat Akses Internet, Begini Penjelasan Dinkominfo

Foto Ilustrasi

Internet di era sekarang menjadi kebutuhan esensial. Masyarakat saat ini hampir tidak bisa terlepas dari internet. Seperti diketahui selama pandemi covid-19, banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Oleh karena itu jaringan internet sangat dibutuhkan oleh seluruh elemen masyarakat.


Purbalingga, serayunews.com

Kondisi tersebut juga terjadi di Kabupaten Purbalingga. Pemerintah berupaya untuk melakukan pemerataan akses internet di seluruh pelosok wilayahnya. Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), akan memfasilitasi untuk pengadaan jaringan internet di desa.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Purbalingga, Jiah Palupi Twihantari, menyampaikan siap memfasilitasi pendirian menara telekomunikasi. Hal itu bertujuan untuk mendorong program penanggulangan kesenjangan internet di desa. Desa yang mendapatkan program tersebut yang mempunyai kriteria sulit mengakses internet.

“Desa yang mendapatkan bantuan juga harus sudah memenuhi persyaratan yang sesuai dengan ketentuan perizinan dari pihak terkait,” kata Jiah, Selasa (25/01/2022).

Disampaikan, ada 30 desa yang nantinya akan mendapatkan bantuan dari Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah. Untuk itu kami akan melakukan pendataan 30 desa yang susah mendapatkan signal internet dan persyaratan yang mendukungnya.

Jiah menambahkan, adanya program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat di wilayah-wilayah terpencil dalam mengakses internet. Dengan kemudahan akses internet diharapkan masyarakat desa dapat memberikan dampak positif.

“Pemerintah desa dapat mengembangkan internet sebagai desa digital seperti Desa Karanganyar yang telah melakukan pelayanan administrasi kependudukan menggunakan layanan online. Selain itu juga internet bisa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yakni terkait e-commerce”, katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini