Selasa, 28 September 2021

Marak Penipuan Mencatut Nama dan Foto Pejabat Purbalingga, Kali Ini Giliran Ketua DPRD

Nomor telepon yang mengatasnamakan Ketua DPRD Purbalingga Bambang Irawan. (dok istimewa)

Nama dan foto pejabat di Kabupaten Purbalingga kembali dicatut untuk aksi penipuan. Nama dan foto Ketua DPRD Purbalingga Bambang Irawan, dipakai untuk akun WhatsApp orang tak bertanggung jawab. Modus yang dipakai yakni tentang pelelangan kendaraan di Kementerian Keuangan RI.


Purbalingga, serayunews.com

Ketua DPRD Purbalingga Bambang Irawan mengatakan, foto dirinya dipakai sebagai foto profil WhatsApp. Tetapi nomornya bukan nomor miliknya. Nomor yang dipakai yakni 0819-9520-9204.

“Saya tegaskan itu bukan nomor saya, dan saya tidak pernah menyebarkan informasi terkait lelang kendaraan,” kata Bambang Irawan, Jumat (10/09/2021).

Bambang menjelaskan, modus penipuan dengan modus seperti itu, ternyata tidak hanya terjadi di Kabupaten Purbalingga. Bahkan, yang dicatut pun sama, yakni jabatan Ketua DPRD. Di antaranya terjadi di wilayah Jatim, dan Jambi.

“Tapi itu marak terjadi, tidak hanya di Purbalingga, di daerah lain pun sama yaitu ketua DPRD yang dicatut,” ujarnya.

Oleh karenya, lanjut Bambang, masyarakat diminta untuk lebih waspada dan teliti. Ketika mendapatkan pesan serupa, jangan langsung percaya. Perlu melakukan konfirmasi atau menelaah dahulu.

“Saya imbau kepada masyarakat, hati-hati dan teliti kalau mendapat pesan semacam itu, jangan langsung percaya, cross cek dulu,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini