Minggu, 28 November 2021

Menanggulangi HIV/AIDS, Pemkab Cilacap dan Pertamina Diganjar Rekor MURI Pada 2017

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji (kedua dari kanan) saat menerima penghargaan MURI. foto: dok pemkab

MURI adalah ganjaran prestisius bagi rekor yang ada di Indonesia.Capaian untuk bisa mendapatkan rekor MURI tentu tidak main-main.Salah satu contohnya bisa dilihat dari upaya Pemkab Cilacap dan Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang akhirnya diganjar penghargaan MURI.


Cilacap, serayunews.com

Pemkab Cilacap dan Pertaminan RU IV Cilacap mendapatkan penghargaan MURI terkait prestasi penanggulangan HIV/AIDS.Ceritanya pada 2017, Pemkab Cilacap dan Pertaminan RU IV Cilacap mengadakan pemeriksaan Voluntary Consulting and Testing (VCT) HIV.

Yang jadi menonjol dalam acara itu adalah jumlah peserta yang sangat banyak dan dilakukan di banyak tempat. Tercatat ada 10 orang yang mengikuti pemeriksaan VCT dan dilaksanakan di 43 lokasi. Kegiatan tersebut menjadi catatan rekor MURI ke-8.276.

Piagam rekor MURI diserahkan oleh Manajer MURI Semarang, Aryani Siregar kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan GM RU IV Dadi Sugiana pada acara seminar dan workshop penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Cilacap 2017 di gedung Patra Graha, Senin (11/12/2017).

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyebutkan yang lebih penting dari rekor MURI adalah semangat dan motivasi untuk melakukan pemberantasan penyakit HIV/AIDS. “Saya meminta kesadaran masyarakat untuk secara sukarela memeriksa¬kan diri pada klinik VCT untuk memastikan terbebas dari penyakit mematikan itu,” ujarnya.

Bupati mengapresiasi kepedulian Pertamina dalam pemberantasan HIV/AIDS dan mengapresiasi program bantuan masyarakat lainnya melalui CSR yang telah dilakukan Pertamina.

Diketaui, manfaat dari VCT adala untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi HIV. Di sisi lain, VCT juga bermanfaat untuk menurunkan jumlah ODHA, mempercepat diagnose IV, meningkatkan perilaku hidup sehat, dan meningkatkan penggunaan layanan kesehatan dan mencegah infeksi lain.

Berita Terkait

Berita Terkini