Kamis, 21 Oktober 2021

Miliki Kolam Renang Standar Nasional, Purbalingga Siap jadi Tuan Rumah Dulongmas

Ketua KONI Purbalingga Eko Susilo didampingi Ketua PRSI Purbalingga Aris Mulyanto, saat melaksanakan rapat kordinasi di Owabong Cottage, Sabtu petang. (Amin)

Jika tidak ada halangan Pekan Olahraga Kedu Pekalongan Banyumas (Dulongmas) akan digelar Oktober mendatang. Dalam kondisi Pandemi ini, even olahraga ini tidak dipusatkan di satu Kabupaten. Kabupaten Purbalingga mendapatkan jatah menjadi tuan rumah cabor renang. Sarana dan prasarana kolam renang di Owabong dinilai sudah layak untuk sebuah kejuaraan.


Purbalingga, serayunews.com

Ketua KONI Purbalingga Eko Susilo, menyampaikan Kabupaten Purbalingga siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Kedu Pekalongan Banyumas (POR Dulongmas) untuk cabang olahraga (cabor) renang. Jika tidak ada aral melintang pelaksanaannya akan dilakukan Oktober mendatang.

“Sesuai hasil Rapat Koordinasi (Rakor) KONI se Dulongmas di Banjarnegara pekan lalu, Purbalingga ditunjuk menjadi tuan rumah di cabor renang. Kami menyatakan siap,” kata Eko, saat Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan, di Andrawina Owabong Cottage, Sabtu (25/9/2021) petang.

Eko menambahkan, pihaknya memiliki venue yang layak untuk menggelar pertandingan renang, yakni kolam renang yang ada di Owabong. Kawasan wisata itu memiliki kolam renang dengan standar nasional. Oleh karena itu event renang POR Dulongmas akan digelar di sana.

“Kita terus matangkan dengan PRSI Purbalingga terkait persiapan perangkat pendukungnya,” ujarnya.

Masih dari Eko, mengenai detail nomor dan kelompok umur peserta akan dibicarakan dengan masing-masing kabupaten/kota yang ikut ambil bagian dalam pertandingan cabor renang. Dia menyampaikan seharusnya POR Dulongmas dilaksanakan tahun 2020 di Pekalongan.

“Namun karena pandemi pelaksanaan diundur dan pelaksanaan masing-masing cabor ada di sejumlah kabupaten/kota,” katanya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Purbalingga Aris Mulyanto, menyampaikan pihaknya siap melaksanakan tugas sebagai pelaksana cabor renang. Saat ini jika mengacu jadwal renang akan dipertandingkan pada 20-21 Oktober 2021. Pihaknya juga akan menggelar perlombaan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Teknisnya masih kami bahas dengan KONI. Mohon dukungan dan doa restu agar semua bisa berjalan lancar,” kata Aris.

Pihaknya mentargetkan dua sukses ketika menjadi tuan rumah. Yang pertama sukses penyelenggaraan dan kedua sukses prestasi. Ditambahkan Purbalingga memiliki perenang andalan yang diharapkan bisa meraih prestasi membanggakan di POR Dulongmas.

“Sebagai tuan rumah kita ingin renang bisa menyumbangkan medali emas,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini