Selasa, 9 Maret 2021

Cegah Pandemi, Mahasiswa KKN UMP Bagikan Handsanitizer dan Masker, Serta Pengadaan Alat Cuci Tangan Touchless

di Wilayah Desa Jenang, Kecamatan Majenang

Kelompok 083 Desa Jenang Kecamatan Majenang membagikan masker dan handsanitizer ke warga Desa Jenang lebih tepatnya ke 11 dusun yang berada di Desa Jenang seperti Dusun Losari, Dusun Margasari, Dusun Cipancur.

Pandemi COVID-19 ini bukan menjadi penghalang bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kelompok 083 Desa Jenang Kecamatan Majenang melakukan dua langkah pasti untuk melakukan pencegahan COVID.


Cilacap, Serayunews.com

Diantaranya, membagikan masker dan handsanitizer ke warga Desa Jenang lebih tepatnya ke 11 dusun yang berada di Desa Jenang seperti Dusun Losari, Dusun Margasari, Dusun Cipancur, dan yang lainnya. Handsanitizer dan masker tersebut dibagikan secara langsung oleh para mahasiswa KKN T-PPC UMP yang beranggotakan 11 orang dari berbagai fakultas yaitu Adit (Manajemen), Fahrur (Manajemen), Fega (Manajemen), Atun (Psikologi), Liza (psikologi, Fatin (Psikologi), Ressy (Teknik Informatika), Meilani (Teknik Informatika), Aulia (Teknik Informatika), Ana (Hukum), Nadila (Agroteknologi).

Menurut Liza Rizqi selaku Satgas COVID-19 dari KKN T-PPC Desa Jenang yang telah melakukan survey di lapangan menemukan hasil bahwa warga Desa Jenang belum maksimal dalam melaksanakan penerapan protokol kesehatan diantaranya masih kurangnya kesadaran untuk memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan.

Mengingat wabah virus Corona masih belum usai di Indonesia seluruh elemen warga harus disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Penyebaran penularan virus tersebut melalui kontak fisik.

Sehubungan dengan hal tersebut sebanyak 150 masker dan 250 botol handsanitizer dibagikan kepada warga Desa Jenang.

Langkah ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat mematahkan mata rantai penyebaran virus COVID-19 ini.

Dengan adanya KKN T-PPC ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk bersama-sama memerangi virus COVID-19 agar kegiatan masyarakat dapat berjalan normal kembali.

Pembuatan alat cuci tangan touchless ini merupakan inovasi dari KKN Desa Jenang serta melihat dari kondisi wilayah sekitar desa yang masih kekurangan fasilitas alat untuk cuci tangan, mahasiswa termotivasi untuk membuatkan alat tersebut dan menginovasinya agar lebih efisien penggunaannya dari alat cuci tangan yang lainnya.

Kegiatan tersebut merupakan program unggulan dari kelompok KKN T-PPC 083 Desa Jenang dan diharapkan denag adanya alat cuci tangan yang dibuat oleh mahasiswa KKN dapat meningkatkan kesadaran warga untuk selalu mencuci tangan sehingga pencegahan penularan COVID-19 bisa cepat teratasi.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -