Lestarikan Budaya Dengan Lomba Dalang Cilik

Purwokerto, Serayunews.com-Sebagai bentuk pelestarian budaya, terutama budaya Jawa Tengah. Oemah Tahun Sumedang Mang Eman menggelar kegiatan Pesta Kesenian Rakyat dengan didalamnya ada berbagai macam pagelaran budaya, salah satunya seperti Festival Dalang Cilik.

“Kita gelar Pesta Rakyat ini karena kesenian Purwokerto sekarang jarang tampil di ruang umum. Kita adakan lagi kesenian di masyarakat seperti lomba dalang cilik, remaja, kentongan serta pementasan wayang di tempat kami ini,” kata Ketua Penyelenggara Pesta Kesenian Rakyat, Astri Yana Elsera.

Astri menambahkan, untuk festival lomba wayang kulit itu sengaja menghadirkan generasi milenial. Dengan tujuan agar mereka bisa melestarikan budaya yang ada. Sehingga budaya-budaya tersebut tidak hilang termakan zaman.

“Sekarang kan banyak anak-anak yang lebih suka main gadget, internet dan lainnya, kita ingin tanamkan lagi nilai luhur,” kata dia.

Dalam perlombaan dalang cilik terebut diikuti oleh anak-anak kelas 3 SD hingga kelas 1 SMP. Mereka didatangkan dari berbagai pelosok Kabupaten Banyumas hingga Cilacap. Anak-anak tersebut diharapkan bisa meneruskan peninggalan budaya tanah Jawa Tengah dan bisa menyalurkannya kepada lingkungan sekitar. “Tidak hanya perlombaan, ini nantinya akan menjadi agenda rutin kami yakni mereka diberikan kesempatan untuk pentas di sini,” ujarnya.

Sementara itu menurut seorang peserta yakni Faiq Maulana yang merupakan dalang cilik asal Kabupaten Cilacap mengaku sangat senang bisa mengikuti perlombaan tersebut. “Saya mememainkan wayang ini lakonnya Begawan Bima Suci, saya sudah latihan selama dua bulan. Saya senang wayang dari TK,” kata siswa SD Negeri Sapang 2, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap.(san)

Komentar