Selasa, 9 Maret 2021

Mahasiswa UMP & Warga Banjarnegara Giatkan Penanaman Tanaman Obat Keluarga

Mahasiswa KKNT PPC Kelompok 018 Kelurahan Sonakandi Kecamatan Banjarnegara Universitas Muhammadiyah Purwokerto Mengadakan Penanaman Tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga) Bersama Masyarakat di Kelurahan Sokanandi Banjarnegara

Mahasiswa KKNT PPC Kel 018 Sokanandi melaksanakan penanaman Toga (tanaman obat keluarga) bersama kelurahan dan kelompok ibu-ibu pkk setempat serta dibantu oleh warga Sokanandi

Banjarnegara merupakan salah satu daerah yang potensial untuk melakukan penanaman salah satunya penanaman tanaman toga (tanaman obat keluarga).


Banjarnegara, Serayunews.com

Sehingga mahasiswa KKNT PPC Kel 018 Sokanandi melaksanakan penanaman Toga (tanaman obat keluarga) bersama kelurahan dan kelompok ibu-ibu pkk setempat serta dibantu oleh warga Sokanandi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 10 Februari 2021 dan dilaksanakan di RW 6 Kelurahan Sokanandi dengan jumlah masyarakat sebanyak lebih dari 10 orang. Sebagai daerah yang potensial Banjarnegara merupakan daerah yang sangat cocok untuk menanam tanaman toga.

Penanaman toga di harapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tanaman toga itu sendiri yang di tanam adalah kunyit ,jahe , kencur, temulawak , lengkuas selederi, daun dewa , sirih, brotawali ,daun kemangi , tanaman tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat , baik nantinya di gunakan sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah atau mengobati berbagai penyakit akut hingga kronis sekalipun selain itu juga dapat digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan atau menambah niali estetika itu sendiri karna tertanam dengan tertata rapi.

Di bawah bimbingan DPL Bapak Yudistira, SE.MM kegiatan penanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga) ini bertujuan untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pelestarian kekayaan alam melalui tanaman yang ada disekitar kita.

Adapun manfaat Toga (tanaman obat keluarga) yakni sebagai pelengkap obat-obatan keluarga yang bersifat tradisional, bernilai tambah estetika bila ditata dengan apik dan rapi, memberi contoh cara pemanfaatan lingkungan pekarangan, serta menambah nilai keasrian dan kesejukan halaman pekarangan rumah.

Tentunya jika toga dikelola dengan baik akan menghasilkan pendapatan tambahan bagi warga sekitar Sokanandi Banjarnegara. Ibu Erna selaku lurah Sokanandi mengapresiasi adanya kegiatan penanaman toga yang di laksanakan oleh mahasiswa KKN UMP yang melaksanakan kegiatan di Sokanandi.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -