Sabtu, 17 April 2021

Melepas Lelah dengan Suasana Desa di Bawah Jembatan Kereta di Taman Allbeng Karanganyar, Patikraja

taman allbeng karanganyar, taman allbeng patikraja, taman allbeng banyumas, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini
Taman Allbeng di Desa Karanganyar, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. foto: kholil/serayunews.com

Jika kau sedang berputar-putar di sekitaran Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas, tak ada salahnya melepas lelah di Taman Allbeng di Desa Karanganyar. Kau bisa sejenak istirahat sembari minum atau makan. Jika beruntung, bisa melihat kereta lewat. Barangkali kau mau selfie?


Patikraja, serayunews.com

Kau bisa mencari Allbeng itu pada aplikasi perpetaan di dunia maya. Ketiklah “warkop allbeng, Karanganyar, Patikraja”. Jika kau tak sempat melihatnya, aku ingin memberi tahu jalannya, namun bermula dari pertigaan Pasar Patikraja.

Ini mungkin jalan yang panjang. Tapi, kau akan melewati jalan dengan himpitan sawah dan pemandangan perbukitan. Angin yang menerpa tubuh, sedikit bisa melupakan jalan panjang menuju Taman Allbeng.

Aku memulai dari pertigaan Pasar Patikraja. Jika kau lurus, maka akan sampai ke Kebasen, jika ke kanan maka menuju jalur Cilacap. Pilihlah jalur ke kanan dan ikutilah jalur itu. Kisaran lima menit, kau akan bertemu dengan pertigaan, depan Koramil 03 Patikraja.

Jika kau ke kiri, maka ke arah Cilacap, jika ke kanan, maka ke Desa Notog, Kedungwuluh Lor, dan Karanganyar. Ambillah jalur ke kanan. Ikutilan jalan itu dan jangan belok ke jalur kiri atau kanan. Ikuti saja jalur itu, kau akan melewati lorong jembatan kereta dua kali. Ikuti saja jalur itu.

Taman Allbeng berada di bawah jembatan kereta di Desa Karanganyar, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. foto: kholil/serayunews.com

Jika sudah bertemu gapura selamat datang Desa Karanganyar, maka perjalananmu akan segera sampai. Hingga kemudian kau  akan bertemu dengan jembatan jalur kereta. Di bawahnya, ada aliran Sungai Logawa dan di sisinya, Taman Allbeng dengan kios makannya.

Kau bisa memesan makan dan minum sembari menikmati suasana desa. Kau bisa ngopi dan melahap mendoan. Kau bisa melihat pemandangan hijau sawah, Sungai Logawa, dan rel kereta. Jika beruntung, kau bisa melihat kereta lewat.

Kolam renang mini untuk anak-anak di Taman Allbeng Desa Karanganyar, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. foto: kholil/serayunews.com

Ada juga kolam renang kecil di Taman Allbeng. Itu biasa untuk anak kecil berenang. Jika kau sudah tua bangka ingin berenang, tak apa. Tak ada larangan. Tapi tentu tak enak juga dilihatnya. Saat aku di sana, ada juga yang sedang karaoke ria di warkop Allbeng.

Saat aku bertanya pada karyawan setempat, dia bilang jika Taman Allbeng buka dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Hari Minggu pun jelas buka. Namun, di Ramadan nanti, Taman Allbeng akan tutup. Jika kau ingin sekali ke sana dan ketabrak Ramadan, maka tunda rasa penasaranmu sampai usai Idulfitri.

Taman Allbeng di Desa Karanganyar, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. foto: kholil/serayunews.com

Taman Allbeng memang terkesan tersembunyi. Bisa saja tak semua orang Patikraja paham ada taman di  Desa Karanganyar. Oiya, selain jalur yang aku sebutkan, bisa juga kau datang ke Taman Allbeng melalui Desa Sidabowa, Kecamatan Patikraja.

Jika kau tahu BRI Sidabowa, maka ke selatan sedikit, ada jalan belok kanan yakni Jalan Pandemen. Jalan itu yang nantinya akan sampai ke jembatan gantung. Telusuri jalur itu, maka akan sampai Desa Karanganyar.

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini