Sabtu, 17 April 2021

Negara Bahagia, Kok Angka Bunuh Dirinya Tinggi

ilustrasi. foto: oleh Messan Edoh dari Pixabay

 

Ini hanya tulisan yang sekaligus pertanyaan. Tulisan tentang negara yang bahagia tapi memiliki tingkat bunuh diri yang tinggi. Banyak yang bunuh diri, kok bahagia?

Negara mana yang paling bahagia di dunia ini? Ya benar sekali. Negara itu adalah Finlandia. Hal itu seperti diungkap oleh situas worldpopulationreview.com. Laporan tahun 2021 menyebutkan Finlandia adalah negara yang paling bahagia di dunia.

Lalu mengapa Finlandia disebuat sebagai negara yang bahagia? Ada beberapa variabel sebagai ukurannya. Misalnya, tingkat harapan hidup tinggi, orang-orangnya murah hati, korupsinya rendah. Selain itu, warganya memiliki kebebasan untuk memilih jalan hidup dan pendapatan per kapita yang bagus.

Lalu negara mana yang paling tidak membahagiakan di dunia? Jawabannya sesuai dengan situs itu, adalah Afghanistan. Afganistan ada di posisi 158 alias posisi paling bawah, negara yang tak bahagia. Eh Indonesia di posisi berapa? Indonesia ada di posisi 84.

Untuk ukuran  negara di ASEAN, Indonesia hanya unggul dari Laos dan Myanmar. Namun, ada catatan bahwa negara seperti Brunei Darussalam, Kamboja, tak masuk hitungan. Tak terlalu paham mengapa dua negara itu tak masuk hitungan pada daftar negara bahagia di dunia.

Sampai situ saja ya soal negara bahagia di dunia. Lalu, kita meloncat pada negara dengan tingkat bunuh diri yang tinggi. Di situs yang sama, juga meranking daftar negara dengan tingkat bunuh diri yang tinggi. Negara dengan tingkat bunuh diri yang tinggi pada 2021 adalah Lithuania. Rata-rata ada 31,9 orang yang bunuh diri setiap 100 ribu orang. Tentu angka di Lithuania itu sangat tinggi.

Yang menarik, adalah bagaimana dengan Finlandia yang dikenal dengan negara terbahagia di dunia? Finlandia ada di posisi 23. Di Finlandia rata-rata ada 15,9 orang yang bunuh diri di setiap 100 ribu warga. Angka tersebut ada komanya karena rata-rata ya.

Lalu bagaimana dengan Afghanistan? Negara paling tak bahagia di dunia itu tingkat bunuh dirinya berapa? Afghanistan ada di posisi 137. Di Afghanistan rata-rata ada 4,7 orang bunuh diri di setiap 100 ribu warga. Berapa Indonesia? Tingkat bunuh diri Indonesia  juga rendah karena ada di posisi 158. Di Indonesia rata-rata ada 3,4 orang bunuh diri di setiap 100 ribu warga.

Lalu Denmark, negara terbahagia kedua di dunia, kasus bunuh dirinya juga lumayan. Rata-rata 12,8 orang Denmark bunuh diri di setiap 100 ribu warga. Swiss, negara terbahagia ketiga di dunia, punya rata-rata yang tinggi. Rata-rata 17,2 warga Swiss bunuh diri di setiap 100 ribu orang.

Maka, menjadi unik. Negara yang bahagia, ternyata memiliki tingkat bunuh diri yang tinggi dibandingkan negara yang tak bahagia. Finlandia yang bahagia itu, ternyata banyak warganya yang bunuh diri. Afghanistan yang tak bahagia itu, ternyata sedikit warganya yang bunuh diri.

Indonesia yang bukan ranking teratas negara bahagia, tingkat bunuh dirinya rendah. Fenomena ini tentu perlu diteliti, mengapa terjadi. Tapi mungkin, di negara tak bahagia, orang bersaing untuk tetap hidup. Di negara bahagia, orang sudah bingung mau ngapain karena sudah bahagia. Ya itu hanya kemungkinan. Masih mau hidup di negara bahagia?

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini